SOCIAL MEDIA

Monday, June 10, 2019

Breastfeeding Journey #1: 365 Hari Menyusui

Alhamdulillah udah lewat satu tahun pertama mengASIhi Anbiya. Setiap Ibu, pasti punya ceritanya masing-masing dalam menyusui buah hatinya. Nah kali ini, aku mau flashback breastfeeding journey aku, mulai dari awal sampai satu tahun pertama ini. ❤️

PS: karena ceritanya panjang, jadi aku bagi dalam beberapa part. Mungkin nanti ada part weaning with love juga πŸ₯Ί hehe

***

12 Februari 2018 Inisiasi Menyusui Dini (IMD)
Pukul 16.37 Anbiya lahir ke dunia. Saat itu, ASI ku belum keluar. Padahal sejak hamil 31weeks, dari nipple ku udah keluar cairan bening-putih lho. Aku pikir ASI ku akan langsung lancar keluar sesaat setelah melahirkan, tapi ternyata enggak. Tapi dokter tetap memberikan kesempatan ku untuk melakukan IMD cukup lama, satu jam lebih seingatku. 


Selain ASI ku belum keluar, Anbiya juga gak tertarik untuk mencari putingku. Udah coba diarahin, biar tetap ngehisap tapi gagal terus, Anbiya malah ketiduran aja gitu di dada ku πŸ˜†

Nah besok subuh nya, alhamdulillah ASI ku mulai keluar walaupun sedikit dan cuma di PD kiri. Aku terus coba menyusui Anbiya sekalian merangsang produksi ASI. Tapi kenyataannya, Anbiya kayak gak berselera untuk nenen. Tidur teruuuussss... Oke lah awal-awal masih tenang, karena kata dokter bayi masih punya cadangan makanan sampai 72 jam. Suster pun membantu ku untuk berusaha terus bangunin dan nyusuin Anbiya setiap 2 jam sekali. 

Anbiya yang tidur terus sepanjang hari, sampai harus dibangunin dengan cara dinangisin! Iyaa sampai segitunya, karena tidur terus gak mau nenen. Mulai dari dikelitikin/ usap kakinya, usap punggungnya, sampai bukain bajunya biar nangis dan bangun.
Sesusah ituu dulu bangunin Anbiya buat nenen.

Bayi lain udah teriak nangis menggelegar minta nenen sampai kedengeran ke kamar, lah ini bayi gue malah tidur muluπŸ₯Ί
Asli, kalau gak dibangunin, bisa 24 jam tidur mulu kayaknya deh...

Pas udah dibangunin paksa itu pun, tetep Anbiya gak minat sama nenen. Paling nempel di puting doang tapi gak mau ngehisap😌

Oh ya, hasil tes lab Anbiya, bilirubin nya tinggi. Ini yang menyebabkan Anbiya pengin tidur terus dan gak mau nyusu. Tapi kenaikannya masih gpp kata dokter. Gak perlu di fototerapi/ sinar biru, karena golongan darahnya sama kayak aku. Dokter suggest untuk aku terus nyusuin Anbiya aja, supaya kadar bilirubinnya bisa turun.

So yeaah keep fighting!! πŸ’ͺπŸ»πŸ‘πŸ»

***

Akhirnya tiba waktunya kami pulang ke rumah.. Dan... Anbiya masih belum mau nyusu! Udah hari ke-tiga ituu..
Paling nempel puting ngecap-ngecap bentar trus lepas.
Alhasil Anbiya makin kelihatan kuning!
Gak cuma kulitnya, tapi matanya, dan lidahnya juga πŸ₯ΊπŸ˜­

Ketika ASI ku sudah keluar, banjir-banjir, Anbiya masih belum bisa menghisap/ nenen.
Lempeng aja gituu. Maunya tidur terus. Supaya bangun harus dinangisin ☹️☹️☹️

Aku yang new mom, sedih banget rasanya. Ya capek, sedih plus harus mendengar omongan menohok dari orang yang jenguk.

“Kok tidur terus?”

“Bayinya tidur terus, kayak lemes ya?”

“Kuning banget bayinya”

“Disusuin yang banyak biar gak kuning”

Pokoknya hampir tiap hari, kuping aku denger kata KUNING mulu 😒😣
Panik, kesel, capek.

Sampai di malam ke-empat, akhirnya aku menyerah pada botol dot. Aku mompa ASI ku, siapa tau Anbiya mau nyusu kalau pakai dot. Mas ghifar juga beliin cup feeder sampai lima biji buat jaga-jaga.
Percayalah, memutuskan kasih dot ini setelah melewati kegalauan panjang.

Dan ternyataa.... Luar biasaaa kalau pakai dot lahaap bangettt minumnya!

Trus aku malah nangis! πŸ˜‚πŸ˜‚.
Kok GAK RELA rasanya anak gak mau nenen sama aku, tapi mau kalau sama dot!! πŸ˜‚
Kok malah patah hati liat anak minum pakai dot.

πŸ’”πŸ’”πŸ’”

Kayak dilema banget sih waktu itu. Kalau aku upayain direct breastfeeding (dbf) terus, Anbiya belum bisa nyusu. Tambah kuning yang ada, karena sedikit minum ASI nya. Tapi kalau pakai dot, aku patah hati banget. Apalagi denger omongan orang yang bilang bayi bisa bingung puting kalau dikasih dot.

Ternyata memang benar ya, aku pernah baca tulisan bidan Yessie Aprilia kira-kira begini: 

"menyusui bayi setelah melahirkan sangat bermanfaat bagi ibu dalam healing trauma"

Ya trauma saat melahirkan, omongan orang, saat bisa menyusui secara langsung itu rasanya nyessss... segala kesakitan dan kesedihan sirna. Makanya aku patah hati banget kan pas Anbiya gak mau nyusu sama aku. Apalagi ini pengalaman pertama aku.

Semenjak malam itu langsung ku STOP DOT.

Sampai hari ke-tujuh, pup nya masih meconium doongg, belum warna kuning.. Berarti minum ASI nya masih kurang! πŸ₯Ί

Aku terus berusaha nyusuin Anbiya secara langsung walau kita mesti “berantem” dulu selama 30 menit lebih. Afirmasi positif yang selalu ku ucapkan, “my baby is a genius”, supaya aku gak putus asa. Dan “mommy’s milk is the best!”, “We can do it!
Akhirnya Anbiya mauu nenen langsung! Yaa.. selama berhari-hari aku nyusuin Anbiya mesti ada adegan nangis-nangis dulu Anbiya nya karena gak mau. Aku gak mau nyerah pokoknya. Menyusui memang perlu tekad yang kuat. Proses adaptasi dan belajar bagi ibu dan bayi.

Setelah Anbiya bisa nyusuin pun, masih ada aja yang komentar perlekatannya salah, ini lah itu lah. Padahal mungkin maksudnya baik yah? Tapi rasanya kayak kurang pas aja diomongin, karena untuk bisa sampai di tahap ini aja udah syukur alhamdulillah perjuangan.

Aku pun selalu membetulkan posisi perlekatan yang benar dan aku yakin bahwa bayi bisa ngisap aja udah bagus, nanti lama-lama pasti JAGO sendiri. Ibu nya jago, bayi nya jago. Bisa karena terbiasa.
Menyusui itu perjuangan, berat di awal. But it’s only a matter of time!

***

Setelah Anbiya lancar nyusuin, PR ku selanjutnya observasi pup dan pipis Anbiya. Tanda bayi cukup ASI adalah pipis dan pup sering. Anbiya newborn rata-rata pup 5-6x sehari, dan pipis 10-11x sehari. 

Aku sampai bikin tabel harian untuk mencatat frekuensi pup dan pipis Anbiya. Full pakai popok kain siang malam demi pantengin berapa kali Anbiya pipis dan pup dalam sehari. Dan tiap pup rasanya selalu ku tunggu-tunggu. Seneng banget sampai sumringah kalau mendapati pup Anbiya berwarna kuning cerah atau mustard dan bergranul yang khas pup ASI itu..

Udah gak meconium lagi!! 😊
Berarti udah CUKUP ASI yang masuk. Senang banget waktu itu rasanya alhamdulillah 😭❤️

Anbiya udah bisa nenen, pipis dan pup nya juga lancar. Tinggal nunggu bilirubin nya turun aja.

Pas kontrol 1 minggu, bb nya udah balik ke berat lahir. Pas 1 bulan, bb nya naik 1,1 kg! Alhamdulillaah. DSA support terus untuk kasih ASI.

Dan akhirnya benar-benar hilang kuningnya saat Anbiya umur 1,5 bulan. 


Anbiya 1 bulan, kelihatan masih kuning di area wajah

***

Time flies, gak kerasa tau-tau sudah lulus memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Gak kerasa juga tau-tau sekarang Anbiya udah 15 bulan dan sampai sekarang masih ASI secara langsung. Rasanya mengASIhi bukan lagi hal yang penuh rasa panik, cemas, takut salah. Tapi benar-benar momen yang sangat menyenangkan!!

Kalau diingat-ingat, rasanya ajaib banget! Pengalaman pertama menyusui dan aku gak ngalamin yang namanya puting berdarah lecet. Mungkin karena sebelum menyusui, aku selalu mengoleskan ASI ku dulu ke daerah puting sampai aerola. Dan saat mandi aku selalu sempatkan massage payudara pakai minyak kelapa vco. Hal tsb diajarin sama bidan pas aku ikut kelas breastcare di RS. Rutin massage PD juga bermanfaat untuk mencegah mastitis. 

Namun begitu, menyusui Anbiya adalah pengalaman pertama bagi ku dan banyak pembelajaran yang bisa kupetik, untuk kemudian jika Allah kasih kesempatan lagi untuk aku menyusui, aku akan berusaha lebih baik lagi, lebih tenang, legowo, dan shantaayyy sama omongan orang. Termasuk, IT’S OKAAY jika anakku harus pakai dot!

Dan.. setelah menjadi seorang Ibu dan menjalani proses mengASIhi ini, kadang suka amazed dengan diri sendiri. Ternyata banyak hal yang ku pikir aku gak sanggup, tapi bisa melaluinya. Apalagi kalau bukan karena cinta, ya kan? Ah tapi rasanya, apa yang udah ku lalui belum ada apa-apanya. Masih panjaaang perjuangan seorang Ibu. 

Doa ku akan selalu sama setiap melewati fase baru dalam hidup: “Ya Allah beri aku kesanggupan, kemudahan, kekuatan, kesabaran, dan kemuliaan”. Aamiin.


No comments :

Post a Comment