SOCIAL MEDIA

Thursday, July 26, 2018

Asi Booster Versi Mama Raras

Beberapa hari lalu, aku mendapat chat WhatsApp dari seorang teman yang menanyakan apakah ASI ku banyak? Dan bagaimana cara supaya ASI jadi banyak? Hmm.. Sepertinya pertanyaan seputar ASI maupun ASI booster itu jadi topik yang sering diperbincangkan yaa oleh sesama buibuk, dan kali ini aku pengin share nih tentang ASI booster versi aku 😊

Oh iya sebelumnya, menjawab pertanyaan di atas tadi, aku gak bisa pastiin ASI ku banyak apa gak, sekali pompa dapat berapa ml engga tahu, hehee.. Karena aku full direct-breastfeeding. Tapi InshaAllah ASI ku mencukupi kebutuhan Anbiya 😊

Nah ASI booster apa aja sih yang aku konsumsi ?

  • [ SEBELUM MELAHIRKAN ]
  1. Air rebusan kacang hijau. Pas hamil masuk trimester 3, mertua ku selalu ingetin aku untuk minum air rebusan kacang hijau satu gelas setiap pagi. Tapi namanya aku dulu suka males pas hamil hehee jadi mulai rutin minum ini pas udah deket-deket mau lahiran. Katanya air rebusan kacang hijau ini bagus untuk produksi ASI dan sebaiknya rutin dikonsumsi dari sejak hamil. Cara membuatnya (ini resep dari mertua) : satu genggam biji kacang hijau dicuci bersih kemudian tambah 2-3 gelas air, rebus sampai mendidih. Pas ngerebus ini bisa ditambah gula jawa atau gula pasir sesuai selera, daun pandan, dan jahe (sesuai selera juga). Setelah matang, disaring, dan minum air rebusannya aja. Jadi seperti sari kacang hijau gitu yaah.. Diminum setiap pagi. Aku suka minum dalam kondisi masih hangat, tapi kalau mau didinginkan di kulkas juga boleh.
  • [ SESUDAH MELAHIRKAN ]
  1. Galactogogue kimiawi. Waktu abis lahiran, ASI ku gak langsung keluar. Seingatku, besok subuh nya baru ada ASI itupun masih sedikit banget. Jadinya obgyn aku ngeresepin obat-obatan yang berfungsi untuk merangsang produksi ASI. Aku dikasih dua macam obat yaitu Domperidone dan Molloco-B12. Domperidone ini sebenernya obat mual/ muntah, tapi dia punya efek samping meningkatkan sekresi hormon prolaktin, yaitu hormon yang bertugas menstimulasi sel-sel di kelenjar payudara untuk produksi ASI. Sedangkan Molloco-B12 ini isinya ekstrak plasenta dan vitamin B12 yang merangsang produksi ASI juga. Aku konsumsi ini selama 10 hari, hasilnya? Lumayan ngefek sih, yang awalnya PD aku itu kempess banget haha jadi lumayan membengkak. Setelah itu aku udah stop gak minum obat-obat itu lagi.
  2. Nutrisi (makanan & minuman). Faktor nutrisi juga sangat sangat penting untuk ‘menjaga’ kuantitas dan kualitas ASI. Makan sembarang sih bisa, tapi yah gituu.. berasa encer dan reload-nya lama! Gitu sih yang ku rasain. Apalagi kalau punya bayi laki yang minumnya kuat, duh itu berasa kejar-kejaran abis kempes harus cepet keisi penuh lagi. Nah ada beberapa makanan dan minuman, yang ngefek banget di aku untuk bikin PD kenceng cepet penuh, deres sampai netes-netes hehee dan saat aku keluarin pun kentel (ntah lagi bagian hindmilk). Makanan ini pun mudah didapat, dan alhamdulillah manjur di aku. Apa aja tuh?
  • Sayur kacang merah. Setelah pulang dari RS, hampir setiap hari aku dimasakin sayur kacang merah sama mamah. Katanya udah turun temurun di keluarga mamah (orang sunda) kalau abis lahiran makan sayur kacang merah biar ASI nya banyak. Aku sih manut aja, dan ternyata aku juga suka rasanya jadi gak masalah yaa hehehe.. dan beneran ngefek banget di aku. Top ASI booster versi aku deh sayur kacang merah ini.. bener-bener bikin banjir dan kentel, Anbiya jadi puas gitu nenennya hehehe.. btw, ternyata gak semua orang familiar dengan sayur kacang merah, tapi boleh lho dicoba! Biasanya yang aku makan ini dimasak sayur bening aja gitu, atau sop daging kacang merah, atau campuran di sayur asem. Hmm enakkk!!
Sop daging kacang merah. Nyummiii!!

Ini dimasak bening biasa (kuahnya dikit ahaha)


Aaaahh favorit! Sayur asem kacang merah + Bakwan teriiikk! *langsung laper


Ini dimasakin suami. Ceritanya bikin sop kacang merah makaroni, nyumm

Es kacang merah khas Palembang. Seger, enak!

  • Sayur bayam. Bayam ini juga ngefek di aku apalagi kalau makannya banyak seiket bisa habis sendiri hahaha eh beneran lho biasanya aku suka gadoin sayur-sayuran juga kalau aku laper habis nyusuin.. sehat malah kan nyemilin sayuran? Hahaha alhamdulillah perut kenyang, ASI berlimpah 😃
Sayur bayam masak bening biasaa hehe

  • Sayur daun katuk. Daun katuk ini gak selalu ada di pasar, jadinya kalau katuk lagi kosong pasti belinya bayam. Tapi beberapa kali aku makan sayur daun katuk lumayan ngefek juga di aku, sama seperti bayam. Aku suka juga sama rasanya, jadi gak pernah bosen kalau dimasakin ini sama mamah, hehee thanks mom!
Nyemilin sayur daun katuk
  • Susu kedelai. Need instant booster? Minum susu kedelai! Biasanya kalau malam, pas PD lagi kosong bin kempes, aku langsung minum susu kedelai dan langsung cepet penuh. Kenapa instan? Ya karena cepet aja tinggal ‘glek’ dan ngefek tokcerr. Hehehe. Aku suka minum susu kedelai merk V-Soy baik yang original atau multigrain. Tapi gak selalu aku minum ini, tergantung lagi nyetok apa gak di rumah..
VSOY multigrain
  • Suplemen. Kalau yang ini sebagai pelengkap nutrisi harian ku. Aku minum suplemen Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold. Pernah aku review di sini .

Yup, itu lah ASI booster versi aku.. 😊 
Sebenernya ada banyak banget ASI booster yang dijual di pasaran, kayak susu almond, teh asi, cookies asi, dll. Tapi ntah kenapa aku lebih tertarik dari makanan biasa aja. Lebih hemat pun, hehehe. Btw, sekarang mah tiap nemu makanan atau minuman apa aja yang enak-enak juga aku bilang itu ASI booster hihihi..

Oh iya, walaupun kita sudah mengupayakan konsumsi berbagai ASI booster, yang perlu diingat juga bahwa produksi ASI itu supply and demand. Jadi sering-sering aja susuin ke bayi kita atau diperah. Hisapan bayi juga merangsang produksi ASI terus-menerus.
Dan kita sebagai busui harus selalu HAPPY! Ini beneran loh bukan basa-basi belaka. Aku pernah tuh kesel sama seseorang sampai dipendem banget dan bikin aku stress, alhasil ASI ku jadi seret, Anbiya juga pas aku susuin nangis rewel terus, mungkin ASI nya jadi mampet gak keluar atau rasanya jadi gak enak! Nah semenjak itu aku kapok deh gak mau sedih-sedihan, kesel-keselan. Selain itu, memang dalam proses menyusui ‘kan gak cuma melibatkan hormon prolaktin aja, tapi juga hormon oksitosin. Pernah gak ngalamin PD udah kenceng banget rasanya, tapi kok keluarnya sedikit? Seret? Ya mungkin sedang tidak happy 😃
Hehehehe jadi perlu juga manage perasaan dan pikiran yah, plus lingkungan yang mendukung. Semoga para busui selalu berbahagiaa dan lancar mengASIhi 😊😊😊
Aamiin.. Aamiin.. Boleh lho sharing ASI booster kalian yang paling manjur apa? Hehee 

No comments :

Post a Comment