SOCIAL MEDIA

Wednesday, June 26, 2019

Anbiya 15 Bulan

Haloo, kali ini mama mau cerita tentang milestone Anbiya saat umur 15 bulan ☺️ 


Dari segi perkembangan fisik, Anbiya 15 bulan :
Tinggi 83 cm
Berat badan 10.5 kg.
Berat badan masuk kategori ideal, tapi karena Anbiya tinggi jadi kelihatan langsing πŸ˜‚
Kalau dilihat dari kurva KMS / tabel WHO tetep sesuai on track ideal dengan usianya, jadi mama cukup tenang.


Oh ya ada cerita lucu ni, gara-gara Anbiya tinggi suka bikin salah sangka orang 😁
Banyak yang ngira Anbiya udah umur 2 tahun, kaget pas aku bilang baru 15 bulan. Ya ibu-ibu komplek, ya ibu-ibu yang baru ketemu di play ground bandara atau kidzoona.
Trus pernah ada yang nyeletuk, kok anak 2 tahun belum bisa jalan?
Hahahah plisss waktu itu Anbiya umurnya masih 13 bulan om, tante... πŸ˜‚

Tentang kenaikan berat badan.. semenjak satu tahun itu jadi irit-irit banget naiknya. Ada di rentang 10-11 kg. Naik turun aja di situ terus.
Kata dsa, kalau sudah setahun emang lebih lambat sih naiknya. Idealnya itu dalam satu tahun naik minimal 2 kg. 
Jadi kalau sekarang Anbiya 10.5 kg, paling gak nanti saat Anbiya dua tahun berat badannya minimal sudah mencapai 12 kg. Semoga yhaa.. Aamiiiiiinn

MPASI
Untuk urusan makan, Anbiya dari awal mpasi termasuk gak sulit makan. Pernah ada masanya bosan, tapi mama cari-cari trik akhirnya mau lagi. Kalau cemilan kayak snack, buah, susu, yoghurt, itu hampir selalu mau. Yang suka bosan ditolak itu yang makanan berat. Tapi makin ke sini mama makin tahu sih apa makanan kesukaan Anbiya. Kayak udah tau di mana koentjiannya. Hihi

Nah pas umur 15 bulan, mama sempat berpikir Anbiya sedang growth spurt lagi, karena makannya super banyaakk dan lahap. Nyenengin banget kalau begini. Anbiya udah full makan sama seperti menu keluarga.
Sayur sop, sop ayam, sop tahu telur puyuh, sayur bening kayak bayam, oyong; sayur tumis kayak toge, kacang panjang, sawi, semua suka.
Ikan, ayam, tempe, tahu, dan terakhir kita coba ajak makan iga bakar eh doyan lahap juga hihi.
Telur aja yang kurang suka nih.
Kalau buah mostly suka semua, dan sekarang lagi seneng buah kiwi. Jadi stok itu terus di rumah.
Cemilan kayak pudding, biskuit, roti dengan selai kaya/srikaya atau selai kacang (mama pilih yang tinggi kalori bo hihi), yoghurt, dll. Oiaa mama beli selai kaya nya ini di simply organic. Jadi homamade dan fresh gitu. No artificial dan pengawet. Selai kaya ini selain enak juga bagus untuk nambah kalori anak karena komposisi utamanya itu santan dan kuning telur. Kalau selai kacang, dia juga tinggi kalori /serving 32 g 210kkal. Wow banget kan. Hahaa. Tapi selai kacang mama belum nemu yang homemade organik gitu jadi beli di supermarket aja yang merk Skippy.
Susu juga udah mulai mama kasih, ntah UHT atau susu pertumbuhan (sufor) bubuk. Kalau UHT, biasa minum morinaga chil-go. Pernah coba UHT plain macam ultra dan pasteurisasi greenfields malah diare, jadi gak mama terusin. Kalau sufor, setelah coba kesana-kemari akhirnya cocok Dancow dan Pediasure. Nanti mama review yaa tentang susu ini.
Oh ya susu ini belum rutin selalu mama kasih. Kadang kasih sehari 2x, 1x, pernah juga gak dikasih. Kalau mama udah kasih yoghurt, susu nya gak. Jadi memang susu tambahan ini sebagai pelengkap aja. Anbiya masih nenen ASI sama mama langsung dari gentongnya hehe.
Media pemberian susu tambahan ini pakai gelas digelek langsung atau straw cup.


Baca Juga : Cerita MengASIhi 

Perkembangan Motorik


Akhirnya Anbiya bisa jalan sendiri di umur 15 bulan. Alhamdulillah 😊
Luar biasa rasanya menyaksikan tahap demi tahap akhirnya Anbiya bisa jalan.

Kalau diurutkan, perkembangan motorik kasar Anbiya dari tengkurap sampai berjalan :
- tengkurap telentang 6 bulan
- duduk sendiri 8 bulan
- merangkak 10 bulan
- berdiri berpegangan 11 bulan
- rambatan 12 bulan
- berdiri sendiri tanpa pegangan 14 bulan
- jalan 15 bulan

Saat ini Anbiya sudah 16 bulan, jalannya sudah lancar bangeet, udah bisa lari kecil-kecil. Udah hampir gak pernah merangkak lagi, jadi ke mana-mana jalan terus. Alhamdulillah sehat selalu yah nak.

Perkembangan Sosial Emosional
Anbiya 15 bulan pernah 2x nangis sampai lama banget berhentinya, ntah ini tantrum atau rewel biasa ya? Penyebabnya karena lagi asik berendem, tapi disuruh mama udahan karena udah terlalu lama. Dan satu lagi pas papa pamit kerja. Alhasil nangis gak karuan, digendong nolak-nolak, lengkungin badan ke belakang, sedih banget mama liatnya tuu.
Mama coba kasih penjelasan ke Anbiya dan tentunya kasih aktivitas lain sebagai pengalih perhatian, akhirnya kalem juga. Ya, anak mama udah tambah besar. Udah punya keinginan, udah tahu mau apa, ngapain, apa yang disuka, gak disuka. Walaupun bisa capek juga ngadepin pas lagi nangis gitu, tapi di sisi lain mama senang karena Anbiya udah bisa mengekspresikan emosinya: kesal, sedih, senang, excited, takut. Dan jadi pelajaran juga untuk mama serta papa, tentang gimana menyikapi anak, yang udah kayak bukan bayi lagi πŸ™ˆ
Oh ya, di umur 15 bulan ini Anbiya juga mulai ngoleksi hot wheels πŸ˜†
Tiap ke mall kalau lihat lintasan hot wheels, udah excited banget dan mainan di sana deh.. hehe

Anbiya juga udah mulai bisa mengenali orang-orang terdekatnya. Kalau lihat foto, sudah bisa nunjuk mama yang mana, papa mana, kakek nenek, dst. Anbiya seneng banget kalau ketemu sama kawan sebayanya. Udah hapal juga sama tukang sayur dan bapak penjual roti yang suka lewat rumah hahaa. 



Kegiatan sehari-hari yang biasa mama papa lakuin juga dengan mudah Anbiya contoh. Suka ikut-ikutan nyapu rumah, nyapu halaman, ngelap meja, jemur pakaian. Gerakan sholat udah bisa angkat tangan “Allahu akbar” dan sujud, kalau berdoa ikut angkat tangan dan aamiin. Biasa kalau abis solat, mau tidur, mau makan, dan di mobil mau bepergian, Anbiya malah udah duluan angkat tangan untuk berdoa. Makin pintar dan jadi anak sholeh yah nak, inshaAllah. 


Perkembangan Bahasa
Tambah sering vokal, tapi mostly masih bahasa bayi.
Babababa
Dadadada
Papapapa
Mamama
Gagagagga
Engga
Nen
Mam
Belum banyak kosakata yang disebutkan dengan jelas. Tapi kalau diajak ngobrol, Anbiya udah ngerti. Misal mama bilang,
“Tolong tutup pintu”
Anbiya langsung lakuin.
“Ayok baca buku”
Langsung ke rak dan pilih bukunya.
“Ayok kita main ke luar”
Langsung ambil sendalnya dan minta dipakein.


Udah bisa juga angguk-angguk artinya ya.
Geleng kepala artinya tidak.
Dan biasanya kalau meminta sesuatu, Anbiya nunjuk-nunjuk.

***
MasyaAllah gak kerasa udah panjang aja ni tulisan! πŸ˜†πŸ˜†

Rasanya gak ada habisssnyaa jika mama boleh bercerita tentang Anbiya dan kehidupan sehari-hari mama sebagai seorang Ibu πŸ˜†

Okk deh, gitu aja kira-kira gambaran besar milestone Anbiya saat umur 15 bulan.
Semoga Anbiya selalu sehat, bahagia, dan dilindungi Allah SWT. Aamiin aamiin.... 

No comments :

Post a Comment