SOCIAL MEDIA

Wednesday, January 17, 2018

Skin Care During Pregnancy

Ada dua tipe orang saat hamil ketika ditanya tentang skincare-nya :
1. Gak mau pakai apa-apa, literally bare face, karena khawatir apapun yang dipakai atau dioles ke kulit bisa berdampak kepada kesehatan janin.
2. Skin care is a must, tapi dengan bijak memilih mana kandungan yang baik (tidak berbahaya untuk perkembangan janin).

Kurang lebih gitu deskripsinya, imho. Mau tipe satu atau dua, gak ada yang membedakan, semua jelas sayang sama bayinya.
Aku pribadi termasuk yang tipe ke-dua.
Karena saat hamil ini banyak banget perubahan yang dialami, termasuk kulit. Sebelum hamil, kulitku cenderung berminyak, namun saat hamil ini, kulitku cenderung kering, dari ujung rambut sampe ujung kaki. Dan aku rasa, dengan bijak memilih, kulit tetap butuh perawatan walau sedang hamil.

Sebelum memutuskan untuk melanjutkan daily skincare aku atau menggantinya, aku baca-baca dulu dari beraneka forum bahkan med journal tentang keamanan menggunakan produk skincare saat hamil.

Intinya, ada tiga produk yang harus dihindari:
1. Produk whitening . Karena khawatir mengandung mercury/ hydroquinon, atau turunannya.
2. Produk acne care, seperti salycilic acid.
3. Produk anti aging, seperti retinol/ derivat vit. A.

Lebih lengkap baca di sini yaa, lengkap banget penjelasannya.

So, menurutku untuk tetap menggunakan pelembap wajah masih fine-fine aja.

Sebelumnya, rangkaian skincare aku bisa dilihat di sini .

Nah, karena sedang hamil, ada beberapa step perawatan yang aku skip..
Bukan karena skin care ku sebelumnya gak aman, tapi karena ingin meminimalkan aja sih, karena saat hamil ini bawaanya suka magerr buk oles ini oles itu, jadi make it simple aja yang penting tetap terawat.
#prinsip :)

So this is it.. my skin care during pregnancy


1. Facial wash tea tree the body shop
2. Facial toner tea tree the body shop
3. Clarins moisturizer (dipakai ganti-gantian sama vitamin C moisturizer the body shop --yang penting pakai pelembap!)
4. Lip balm the body shop
5. Moringa body butter the body shop
6. Virgin coconut oil
7. Sunblock spf 30 wardah

Bismillah, inshaAllah aman yaah setelah ditelisik ingredientsnya satu-persatu + hasil tanya-tanya dengan mbak mbak BA nya :)



Facial wash sama toner tea tree ini udah aku pakai hampir tiga tahun. Cocok banget cyiiiin bye bye kilang minyak, wajahku juga jadi gak pernah jerawatan lagi.
Alhamdulillah komposisinya aman buat bumil jadi masih bisa lanjut pakai.
Rata-rata sih produk the body shop aman yah buat bumil.


Untuk pelempab wajah, aku pakai Clarins hydra-essentiel moisturizer. Aku dikasih ini oleh-oleh dari kakak ipar aku, dari Dubai. Alhamdulillah cocok juga pakai ini. Kadang aku ganti sama pelembap nya TBS yang vit. C. Suka-suka aja sih mau pakai yang mana, yang penting pakai pelembap. Dua-duanya cocok. Tapi lebih sering pakai Clarins.


Body butter + VCO ini fungsinya untuk melembapkan badan dan juga sekaligus untuk mencegah stretchmark. VCO juga aku pakai sebagai make-up remover/ oil cleanser.


Lip balm juga penting banget karena semenjak hamil bibir ku jadi keringgg kerontang parah dan suka pecah-pecah :(
Awalnya pakai lip balm baby lips dari Maybelline, tapi pas habis ganti lip balm dari TBS. Alhamdulillah cukup menyelamatkan ku dari chappy lips.


Sunblock aku pakai wardah yang spf 30. Ini sama seperti yang dulu biasa aku pakai sebelum hamil. Tapi masih PR banget sih buat aku, karena aku suka banget kelupaan atau males pakai sunblock padahal penting banget for daily usage..

Kalau untuk masker wajah, aku lebih suka pakai yang alami karena jelas lebih aman yah.. no bahan kimia.
Andalan ku sih tetap masker madu + lemon, kadang aku kombinasiin sama yoghurt atau oat atau apa aja deh yang ada di rumah hehehe.
Pernah juga pakai masker nya bali alus yang coklat, inshaAllah aman juga karena komposisinya aku lihat alami semua.

DIY masker wajah yoghurt + madu + lemon

Masker Bali Alus cokelat. Bisa untuk wajah dan badan

Kira-kira konsisten gak sih pakai skincare saat hamil?
Bolong-bolong gak pake yaa pernah juga yaa hahaha..
Karena kadang bawaanya semangat rajin, tapi bisa juga jadi males gitu-gituan (apa bawaan orok? Hehee)
Belum pas lagi awal trimester satu, aku termasuk yang mabok parah, kayaknya sering banget ke skip pakai skincare.

Untuk penggunaan make-up, aku memang termasuk orang yang less make-up. Mamah juga ingetin sih pas hamil ini jangan suka pakai make-up berlebihan karena gak tau ingredientsnya kan, beda sama skincare.
Paling kalau pergi gitu, aku cuma pakai bedak tabur, kadang bedak bayi hehe. Lipstik, maskara dan rapihin alis aja.

Udah gitu aja simple skin care ku selama hamil. Ribet gak? Enggak kan? Hehee
Semoga bisa jadi inspirasi ;D

No comments :

Post a Comment