SOCIAL MEDIA

Thursday, September 26, 2019

Sensory Play Dengan Water Beads, Amankah?

Hiii, kali ini aku mau berbagi pengalaman mengajak Anbiya bermain water beads.
Water beads ini salah satu mainan sensory play, bentuk asalnya bulat kecil yang jika direndam air dalam waktu yang ditentukan (sekitar 4 jam atau lebih) akan menyerap air tersebut dan menjadi besar. 
Water beads ini banyak dijual di e-commerce dengan harga yang murmerrr.

Yang membuat water beads ini menarik adalah warnanya yang cerah dan beragam, bentuknya yang bisa diremat-remat.
Manfaat bermain water beads, seperti sensory play atau pengenalan tekstur, mengenal warna, color sorting, transferring, dll. Favorit Anbiya adalah transferring water beads ini ke dalam wadah lain.


Tapi, apakah water beads ini aman?

Awal aku beli water beads sebenarnya udah agak lama, pas Anbiya umur 12 bulan. Tapi gak langsung aku buka. Aku simpan aja dulu, karena saat itu Anbiya masih ngalamin fase oral. Aku khawatir kalau water beads ini malah dimasukin mulut dan ketelan sama Anbiya. 

Akhirnyaa, aku buka dan ngenalin water beads pertama kali ini ke Anbiya pas umur 18 bulan, karena di umur segitu Anbiya udah gak gitu tertarik memasuki benda ke dalam mulut.

Water beads yang berwarna-warni ini sukses menarik perhatian Anbiya. Dipegang-pegang rasanya dingin dan kenyal karena mengandung air.
Btw, satu kantung plastik water beads itu kalau direndam jadinya buanyaakk banget lhoo. Aku dulu langsung semuanya ku rendam, alhasil aku merasa kebanyakan hahaha.

Tapi makin lama bermain water beads, aku jadi merasa khawatir. Walaupun Anbiya udah gak begitu suka masukin benda ke dalam mulut, tetep aja aku merasa khawatir kalau-kalaauuu gak sengaja kemakan. Takut gak bisa tercerna, atau malah membesar di saluran pencernaan karena water beads ini menyerap air dan jadi bikin sumbatan di pencernaan. Huhuu.
Namanya juga masih bayi 1.5 tahun kan. Apalagi tahu kita larang, makin penasaran pengin dicoba.

Akhirnya daripada resah terus tiap main water beads, aku buang deh. Hikss.
Buang bertahap. Sampai akhirnya buang semua πŸ˜‚
Soalnya Anbiya tiap liat water beads, dia langsung merengek minta main ituu..
Maaf yah nak, kita main sensory play yang lain aja yaa. Yang gak bikin hati mama resah dan lebih aman untuk kamu. Hwahaa emak-emak parnoπŸ˜…
Tapi beneran, aku gak mau nunggu ada apa-apa dulu baru ku buang. Pikir ku saat itu 😌

Tapii, buat ibu-ibu yang kasih water beads untuk main anaknya, ya gpp juga. Gak ada yang ngelarang. Asal bener-bener diawasin yaaa...
Kalau aku moon maap, suka kebanyakan meleng πŸ€­πŸ˜…

Dulu beli karena lucu aja liatnya, tapi sekarang pas udah dicoba.. kurang cocok water beads ini untuk mama parnoan kayak aku. Hehee.
Mungkin water beads ini lebih cocok untuk anak yang lebih besar > 4 tahun gituu kali yaa, yang udah lebih ngerti..

No comments :

Post a Comment