SOCIAL MEDIA

Wednesday, September 11, 2019

Anbiya 16 - 18 Bulan

Besok Anbiya usianya sudah 19 bulan. Waahh gak terasa ya udah makin besar si anak ganteng😊
Dan biar ceritanya runut, aku mau nulis lagi nih mengenai perkembangan Anbiya di usia 16-18 bulan. Ceritanya dirapel karena memang kalau baca di buku panduan usia segitu kurang lebih sama milestone-nya. 

Dari perkembangan fisik, di usia 16-18 bulan berat badan Anbiya di kisaran 11 kg. Dan terakhir ngukur tinggi badan 85 cm. He’s very tall! 👶🏻
Lingkar kepala juga normal alhamdulillah. Kalau dilihat di growth chart semua ideal ya, tapi pas konsul ke DSA kalau bisa berat badannya dinaikin jadi 12 kg biar lebih berisi, karena Anbiya ini tinggi.
DSA juga menyarankan untuk selalu menyiapkan makanan atau cemilan yang kalori tinggi, karena Anbiya lagi masa aktif-aktifnya.
Di usia 18 bulan juga Anbiya dapat booster imunisasi DPT. Anbiya ambil DPT infanrix hexa.

MasyaAllah Tabarakallah


Nah, menurut buku panduan Eka Hospital, milestones bayi 16-18 bulan :
  • Minum dari cangkir
Alhamdulillah Anbiya udah lancar minum sendiri dari cangkir, kayaknya sejak usia 13 bulan gitu. Sekarang udah gak suka pencet dispenser untuk main-main. Tapi udah ngerti kalau pencet dispenser air keluar itu untuk minum, bukan buat mainan. Jadi kalau haus, Anbiya suka ambil sendiri gelasnya dan ambil sendiri dari dispenser kemudian diminum. 
  • Berbicara 3 kata
Udah bisa ngomong mama, papa, gendong, itu, ndak, makan, cicak, hmm apa lagi ya.. Tapi memang untuk berbicara masih kurang aktif di usianya yang ke-18. Masih banyak bicara bayi nya. 

Sempet takut kalau Anbiya speech delay, tapi perkembangan bahasa bayi itu ternyata gak sekedar pelafalan aja, namun juga mengerti kosa kata atau yang orang lain ucapkan, mengerti perintah tanpa ditunjuk. Itu juga salah satu proses bayi dalam belajar berbicara.
Anbiya udah ngerti dan paham semua nama-nama benda yang sehari-hari ditemuin. Kalau ngomong apa juga dia udah ngerti. Jadi tinggal ditunggu aja kapan “tanggul jebol” alias keluar tu kosakatanya. Dan Anbiya waktu baru lahir juga sudah test pendengaran di RS hasilnya bagus, jadi inshaAllah bakal bisa ngomong. Just wait.

Tugas mama papa, terus stimulasi kemampuan bicara Anbiya dengan sering ngajak ngobrol, bernyanyi, baca buku. Mudah-mudahan sebelum 24 bulan sudah lancar bicara. Aamiin..
  • Menumpuk Dua Kubus
Alhamdulillah ini juga sudah bisa. Mama beliin Anbiya Mega Bloks waktu ada pameran mom and baby fair di Jakarta. Awal -awal ajak main balok/ blok/ kubus ini harus dicontohin dulu sama orangtuanya, pas udah ngeh baru deh bisa ngikutin. Anbiya paling seneng bikin menara nyusun terus ke atas sampai tinggi banget! Hehee.
  • Berlari
Usia 18 bulan sudah lancar berlari alhamdulillah. Sekarang lagi aktif-aktifnya nih... 😊


***

Oke cukup sekian cerita milestones Anbiya di usia 16-18 bulan.
Semoga Anbiya selalu sehat, dalam penjagaan Allah, dan normal tumbuh kembangnya sesuai usianya. Doa mama papa yang terbaik tak pernah terputus untuk Anbiya. Mama papa gak akan pernah meragukan Anbiya, setiap anak itu spesial dan punya waktunya masing-masing. Tetap semangat, mama papa bantu stimulasi yang terbaik❤️

No comments :

Post a Comment