SOCIAL MEDIA

Friday, January 18, 2019

Anemia Defisiensi Besi (ADB) Pada Bayi

Desember lalu waktu Anbiya sakit dan demam tinggi, dokter minta untuk cek darah. Selain emang ketahuan sedang ada infeksi, ketahuan juga kalau Anbiya anemia karena Hb nya rendah. 
Hasilnya 8,6 (normal 10-12).

Kalau baca di web IDAI, kasus anemia pada bayi ini emang tinggi banget, dan kebanyakan penyebabnya karena defisiensi zat besi. 
Jadilah, dsa Anbiya minta untuk cek serum iron, ferritin, transferrin, dan gambaran darah tepi untuk screening ADB.

Hasilnya?
FIX Anbiya mengalami Anemia Defisiensi Besi (ADB).

πŸ’”πŸ˜­

Kok bisa?


Padahal semenjak mulai mpasi 6 bulan, Anbiya makannya lahap banget, mulai dari 2x bertahap hingga 3-4x sehari makan berat, dan 1-2x selingan buah. Aku juga selalu memerhatikan asupan makanan Anbiya bergizi. Menu empat bintang selalu diterapin (karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur). Daging merah, ati ayam, kacang-kacangan, sayuran hijau, apapun yang tinggi zat besi seriinggg banget aku kasih karena itu favorit Anbiya. Ternyataa oh.. masih bisa juga kena ADB! 😒

Anbiya juga gak punya masalah sama BB dan TB nya. Di umur 10 bulan ini BB 10 kg dan tinggi 74 cm (gak gemuk banget, tapi masih dalam range normal). Dan juga, gak tampak gejala klinis anemia


Ternyata itu semuaa.., gak menjamin bebas ADB ☹️

Beneran deh, kalau saat itu gak sakit/ cek darah, gak akan ketahuan Anbiya ADB. Karena gak ada gejala dan anaknya juga aktif. Jadi ini kayak alhamdulillah ketahuan, jadi bisa segera diterapi.

Setelah diskusi sama dsa dan baca-baca tentang ADB, aku jadi makin paham.. dan menerima kenapa bisa terjadi.

Anbiya bayi asi eksklusif. Kandungan zat besi di asi setelah 6 bulan sudah gak mencukupi lagi. Kebutuhan zat besi harian bayi 6-12 bulan itu 11mg/ hari, sedangkan ASI hanya mengandung 0,3mg zat besi aja (sumber web IDAI). Jaauuhh yaa gap-nya.. Trus kurangnya segitu banyak itu dapet darimana? Ya dari pemilihan mpasi yang tinggi zat besi atau sebagai alternatif bisa kasih mpasi fortified a.k.a mpasi instan atau juga dengan suplementasi zat besi.

Selama ini aku selalu bikin mpasi homemade, di mana kekurangan dari mpasi homemade ini nilai kandungan gizinya gak terukur. Iya sih, kasih menu empat bintang, tapi gak tahu pasti dalam satu sajian itu berapa total proteinnya, karbo, lemak, zat besi, dan makro-mikro nutrien lainnya? Apalagi setelah melalui proses pemanasan atau pemasakan. Kecuali kalau niat mau ngitungin yaa..

Jadi bisa aja walaupun aku udah sering kasih sumber zat besi tinggi, tapi ternyata jumlahnya gak mencukupi kebutuhan harian. Dan akhirnya berakibat pada defisiensi.

Trus selain itu, Anbiya juga gak dapat suplementasi zat besi (untuk pencegahan) saat umur 4 bulan. Padahal menurut dsa, suplemen zat besi sudah bisa diberikan kepada bayi mulai umur 4 bulan.
Nah, tapi Anbiya gak dapet karena waktu itu kita juga udah pindahan ke Palembang kan, udah ganti dsa baru, dan gak ada tuh dikasih suplemen zat besi, atau diberi edukasi mengenai ADB. 

Jadi.. sekarang terapi ADB Anbiya :
  1. Minum suplemen zat besi (Maltofer) selama tiga bulan. Alhamdulillah Anbiya tiap malam dengan senang hati buka mulut untuk minum ni zat besi πŸ˜‡
  2. Tetap jaga menu mpasi yang diberikan tinggi zat besi (contoh: daging merah, ati ayam, bayam).

Nah di bawah ini, contoh beberapa bahan makanan yang mengandung zat besi tinggi (sumber web IDAI).


(Fotonya kayak kepotong ya, soalnya emang di web-nya bentuknya kayak slide. Aku screencapture trus aku grid sendiri).

Bismillah semoga terapinya berhasil, segera normal lagi Hb dan lain-lainnya..
Anbiya juga semoga makannya lahap terus, jadi bisa kebantu sama kecukupan gizi dari makanan. Aamiin Ya Allah πŸ˜‡

Ini jadi pelajaran berharga banget buat aku. Zat besi itu komponen penting dalam pertumbuhan. Jangan hanya terlena dan fokus sama lemak aja biar bisa boost BB jadi bayik ginuk ginuk nan luchuuπŸ˜”πŸ˜£
Defisiensi zat besi bisa berpengaruh pada terlambatnya kemampuan motorik, susah konsentrasi, di beberapa kasus bisa juga bikin anak gak nafsu makan, atau banyak makan tapi berat naik sedikit atau bahkan stuck.
ADB ini cukup banyak terjadi di Indonesia. Yuk jadi lebih aware.. Apalagi banyak kasus juga yang tanpa gejala. Mungkin bisa dikonsultasikan dengan dsa masing-masing mengenai perlukah pemberian suplemen zat besi atau screening ADB.

Oh ya tambahan, mengenai menu mpasi untuk mencegah ADB. Sebaiknya sejak awal memulai mpasi sudah langsung diperkenalkan dengan menu lengkap. Kenapa? Untuk menjaga nutrisi seimbang, sekaligus pencegahan terhadap ADB. Kebayang gak, kalau mpasinya dikasih menu tunggal puree terus, padahal dari ASI kandungan zat besi nya sudah tidak mencukupi.. Ini yang membuat kasus ADB banyak terjadi di Indonesia. Jika belum bisa provide menu lengkap untuk mpasi, bisa diberikan mpasi fortified atau instan untuk awal. Ini aku baca dari highlight insta story dr. @metahanindita (dsa). Beliau banyak share ilmu mengenai ADB, stunting, dan seputar mpasi.

Sekian sharing pengalaman ADB, nanti akan aku update lagi setelah terapi selesai, inshaAllah..
#2019danseterusnyabebasADB

11 comments :

  1. Salam kenal mbk emira.. Kebetulan nemu nlognya mbak.. Semalam anak saya juga divonis kena adb.. Dan harus selalu kontrol ke dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal jg mba :) umur berapa anaknya mba?
      Alhamdulillah udah ketahuan ADB ya mba, jd bisa segera diterapi.
      Karna ADB ini banyak sekali terjadi di anak-anak tapi gak ketahuan karna gak dicek.

      Semangat mbaa, dirutinin minum suplemen zat besinya, inshaAllah cepat kembali normal :)

      Delete
    2. Halo, salam kenal jg mba :) umur berapa anaknya mba?
      Alhamdulillah udah ketahuan ADB ya mba, jd bisa segera diterapi.
      Karna ADB ini banyak sekali terjadi di anak-anak tapi gak ketahuan karna gak dicek.

      Semangat mbaa, dirutinin minum suplemen zat besinya, inshaAllah cepat kembali normal :)

      Delete
  2. salam kenal mba..anakku jg kena adb..umurnya 3thun..pernah 2 kali opname di rs..awal mulanya cuma panaa tp sekalinya dia kena adb..bb nya susah bgt naik..udah 3bulan ini dia diberi suplemen zat besi mudahan nanti pas cek lg udah bebas dr adb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mom salam kenal juga :) Aamiin.. semoga segera kembali normal ya mom. Semangat! Terima kasih sudah berkunjung ke blog

      Delete
  3. Waktu sebelum cek darah apakah anaknya puasa dulu atau tidak? Agak bingung

    ReplyDelete
  4. Halo mom brp lama ya pulihnya setelah pemberian suplemen zat besi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mom mohon maaf sekali baru balas. setelah 4 bulan terapi zat besi, cek darah lagi alhamdulillah sudah normal mom. Tapi dsa menyarankan utk zat besi terus diberikan hingga 2 tahun 😊

      Delete
  5. anak saya juga difonis ADB padahal mpasi nya selalu pake daging sapi atau hati ayam, sedih bgt, mulai 2 bulan ini dia dikasih suplemen zat besi, kadang kaya Ndak percaya anak sy bisa ADB pdahal nutrisinya bener sudah diperhitungkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mom..sy juga merasakan hal yg sama ketika tahu anak ADB. Semangat yaa mom dan tetap positive thinking.. :) InshaAllah setelah terapi dan semua kembali normal, tumbuh kembangnya akan semakin jauh lebih baik.. it's Ok mom, semangat ❤

      Delete