SOCIAL MEDIA

Friday, January 11, 2019

Anbiya 10 Bulan

Anak mama besok ulang bulan yang ke-11, alhamdulillah.. Sebelum berganti bulan, mama mau cerita tentang tumbuh kembang Anbiya saat umur 10 bulan.
Saat 10 bulan, berat badan Anbiya 9,8 kg, tinggi 74 cm, dan lingkar kepala 46 cm. Alhamdulillah ideal..
Tumbuh kembang Anbiya juga sangaatt pesat saat berumur 10 bulan ini.
  • Anbiya sudah bisa merangkak.. alhamdulillah sayang.. gak merayap lagi ya, tapi benar-benar merangkak! Mama sangat takjub dan bersyukur sekali. Fase yang paling mama tunggu-tunggu.. melihat mu merangkak, nak.. Dan sekarang Anbiya udah bisa menjelajah rumah dengan merangkak. Good job sayaang😊 Nb: yang mau tau progres Anbiya merangkak, bisa baca milestone Anbiya 7-8 bulan.


  • Anbiya juga sudah bisa berdiri sendiri dengan berpegangan/ sebagai tumpuan. Dan lancar. Kalau sebelumnya, Anbiya bisa berdiri dari posisi duduk 90 derajat, sekarang sudah bisa berdiri dari posisi benar-benar duduk di lantai. Sambil berpegangan badan aku, atau sofa. 
  • Lancar main baby walker. Sudah bisa muter kemana-mana, gerak maju, mundur, berputar. Awalnya saat main baby walker kalau jalan kakinya diangkat dua-duanya barengan, lama-lama sudah bisa menapak melangkah. Semoga bisa segera berdiri dan melangkah tanpa bantuan ya sayang ❤️

  • Tumbuh gigi. Alhamdulillah dua gigi di bawah udah nongol. Dan dua gigi atas otw numbuh hehee. Demam ga? Engga. Rewel ga? Biasa aja. Mama pakein Anbiya kalung baltic amber, beli di Amber Bead (Bali). Ini sih bentuk ikhtiar mama aja supaya Anbiya tetap nyaman saat tumbuh gigi. Alhamdulillah ga gigitin puting mama juga saat menyusui. Hanya saja sempat beberapa hari menolak makan bubur. Jadi cuma mau buah-buahan dan yang manis-manis. It’s ok, Anbiya tetap mau makan.
  • Di umur 10 bulan, pertama kalinya Anbiya sakit! Sakit batuk pilek dan kena virus roseola. Roseola ini beda sama campak yah.. Alhamdulillah sih ruam merah roseola nya ini cuma ada sediiikiiiiittttttt banget. Beberapa spot di wajah (bagian rahang) dan punggung. Dikit dan tipis banget kalau ga dilihatin seksama mah gak kelihatan, dan hilang dalam waktu < 24 jam. Kata dokter gapapa. Nah karna roseola ini nih, Anbiya jadi demam tinggi selama tiga hari, dan mengalami kejang demam. Selain itu, dokter juga bilang kalau Anbiya mengalami anemia defisiensi besi (dari hasil lab), jadi Anbiya sekarang sedang terapi minum suplemen zat besi. Agak kaget pas dibilang ini sama dokter, karena Anbiya makannya lahap dan mama selalu masak sendiri mpasi menu 4 bintang. Menu nya pun sering banget daging merah, udang, atk, dll yang mengandung zat besi tinggi. Tapi ternyata masih kurang yah. Kat dokter memang kejadian ADB ini tinggi pada bayi 6-12 bulan. Hiks hiksss... Sehat sehat terus yah sayang... mpasi dedek sekarang jadi sering mama tambahkan ati ayam kampung.
  • Kemampuan bahasa dan sosial Anbiya semakin berkembang. Di umur 10 bulan ini lagi ceriwis nya.. Senang kalau Anbiya udah ngomong pakai bahasa bayi, suka mama tanggepin jadi kayak ngobrol. Anbiya udah bisa ngomong mama, papa, nenen. Anbiya juga sudah bisa mengenali anggota keluarga dan membedakan dengan orang asing. Tapi dengan orang asing pun, Anbiya sangat ramah suka tersenyum ☺️
  • Anbiya belajar mandiri. Sudah bisa minum sendiri, pegang botol strawcup nya.. Anbiya senang membaca buku, bisa buka buku sendiri, dan responsif dengan lingkungan.
  • Anbiya bisa menirukan gerakan “dadah”, kalau bilang “sayang mama” langsung cium pipi mama. Bisa salim juga tapi kadang masih melengos sih hehee. Suka mainin remot tv, remot ac. Senang menirukan apa yang mama lakukan, contoh nyala-matikan lampu, nyalain ac, mencet dispenser, etc.
Hmm ok kira-kira itu yang terjadi pada saat Anbiya 10 bulan. Mama sangat excited menanti kejutan apalagi yang akan Anbiya tunjukan. Sehat selalu ya sayang.. semoga selalu dalam lindungan Allah, dan bertumbuh kembang sempurna sesuai dengan usianya.. aamiin ya rabb...

No comments :

Post a Comment