SOCIAL MEDIA

Wednesday, August 8, 2018

Anbiya 5 Bulan

Anak mama udah 5 bulan! 😍 Nah seperti biasa di postingan ku tentang milestone, aku mau cerita tentang perkembangan Anbiya di usia 5 bulan ini.

Anbiya Althaf 5 bulan

Di usia 5 bulan ini BB Anbiya 8.6 kg. Naiknya gak banyak dari bulan lalu, tapi alhamdulillah kalau lihat di kurva pertumbuhan selalu dalam garis normal, malah lebih sedikit hehe.

Dari buku panduan Eka Hospital, perkembangan bayi usia 5 bulan, yaitu :
  • Berusaha meraih mainan : milestone terbaru Anbiya, di usia 5 bulan ini koordinasi antara penglihatan dan motorik halusnya semakin berkembang. Sudah bisa mengenali mana mainan/ buku favoritnya, dan bisa meraihnya sendiri. Jadi biasanya, aku membiarkan Anbiya pilih sendiri mau main atau dibacain buku yang mana, trus ambil sendiri deh. Kalau lagi digendong, Anbiya juga suka penasaran pengin pegang-pegang dan ngambil semua barang yang ada didepannya.
Pilih-pilih mainan
  • Menoleh ketika dipanggil namanya : mulai ‘ngeh’ kalau namanya “Anbiya”. Pertama aku sadar itu, pas lagi nenenin aku suka cerita atau nyanyi yang ada sebut-sebut namanya, nah pas disebut itu, Anbiya mulai menggerakan matanya dan noleh gitu. Makin hari makin pinter, kalau dipanggil “dedek/dek/adek” juga noleh.
  • Memasukkan tangan atau biskuit ke mulut : masih dalam fase oral, masukin tangan ke mulut jadi hobi Anbiya banget bahkan udah bisa ngisep-ngisep jempol atau telunjuknya. Kalau udah gitu biasanya aku alihin sama yang lain, lebih baik ngisep/ ngenyot teether- nya aja. 

Nah itu tadi perkembangan bayi 5 bulan yang ada di buku panduan dari RS. Alhamdulillah sesuai semua. Aku juga baca-baca dari website-nya baby center dan theAsianparent nih, aku kutip di sini juga ya untuk nambahin poin di atas 😊
Perkembangan bayi usia 5 bulan

  • Perkembangan fisik
  1. Duduk tegak : Anbiya lagi dalam tahap belajar duduk. Kalau dipangku, sudah bisa duduk dan menegakan kepalanya. Tapi kalau duduk sendiri belum kuat, masih jatuh-jatuh ke depan, belum bisa menopang dengan tangannya. PR buat aku untuk terus stimulasi.
  2. Berguling : sampai usia 5 bulan ini Anbiya belum bisa berguling bolak-balik. Sudah bisa guling tengkurep sendiri, tapi untuk balik ke posisi telentangnya masih harus dibantu. Mungkin karena keberatan badan ya? Hehe tapi ini juga PR buat aku untuk terus stimulasi motorik kasarnya..
  3. Dapat memegang kakinya : dalam posisi tiduran, sudah mampu meraih kakinya sendiri. Digerak-gerakan seperti sedang senam, bahkan ditarik masuk ke mulut. Hehehe. Ini jadi milestone terbaru Anbiya juga, jadi lagi seneng-seneng nya dan penasaran pengin ngemut kaki terus πŸ˜† katanya jangan dilarang, karena memang sedang dalam fasenya (tiap bayi akan mengalami) dan nanti akan hilang sendiri. Asal pastikan bersih yaa.. 

Hobi pegang kaki
Lama-lama ditarik ke mulut nih hehe
  • Perkembangan kognitif
  1. Lebih responsif dan ekspresif : semakin bisa menunjukkan ekspresinya jika gembira, ngantuk, bosan, marah, takut. Dan jadi lebih sering tertawa 😊
  2. Dapat menggenggam lebih baik : udah bisa pegang buku, boneka, mainannya dengan lebih baik πŸ‘πŸ» 
  3. Siklus/ pola tidur lebih baik : Mulai dari umur 4 bulan udah gak pernah begadang lagi. Di umur 5 bulan ini pola tidurnya udah sama kayak orangtuanya kalau malem + boci tentunya yaa.. 
Main dengan boneka gajah favorit

  • Perkembangan sosial - emosi : ini hampir sama dengan perkembangan kognitif yang jadi lebih ekspresif. Sudah punya selera humor juga jadi sering tertawa jika diajak ngobrol dll. Anbiya juga sudah bisa mengenali mama dan papa nya, orang-orang terdekat maupun orang asing. Anbiya kalau digendong orang asing gak nangis, tapi bisa terlihat dari raut wajahnya bisa menampakkan rasa cemas atau khawatir apalagi kalau digendong dibawa jauh dari mama papa / orang yang dikenalinya.
Lebih ekspresif

  • Perkembangan bahasa - bicara : semakin banyak ocehannya. Sering-sering diajak ngobrol, dibacakan buku cerita atau dongeng, nyanyi, dll untuk perkembangan bahasanya.
Meleleh liat senyummu, Nak :"

Cogan-nya mama :D

Okee.. Begitulah perkembangan Anbiya di usianya yang ke-5 bulan. Btw, aku melihat buku panduan ini supaya bisa menilai sendiri di rumah dan punya checklist milestone. Jadi aku bisa tahu apa yang sudah bisa dan belum tercapai (sehingga butuh stimulasi lebih). Tapi tetep konsultasi tumbuh kembang dan minta advice dari ahlinya (dokter spesialis anak). Oh ya karena ini aku baru pindah ke Palembang otomatis akan ganti DSA. Alhamdulillah udah dapat rekomendasi ada DSA yang bagus di RS Charitas Palembang (dikasih tau sama DSA Anbiya di BSD, katanya temennya gitu). Semoga aja cocok yah sama Anbiya..

Semoga Anbiya anak kesayangan kecintaan mama papa selalu sehat dan tumbuh sempurna sesuai usia mu ya sayang.. selalu dalam lindungan Allah. Aamiin..

Jalan-jalan ke Bangka

No comments :

Post a Comment