SOCIAL MEDIA

Saturday, August 11, 2018

Daftar Perlengkapan MPASI Anbiya 6m+

Satu hari lagi Anbiya 6 bulan, yang artinya sebentar lagi lulus ASI eksklusif dan mulai MPASI (Makanan Pendamping ASI). Alhamdulillah akhirnya makan yah, Nak.. Masuk fase baru, mama ikutan super excited! 😆 


Nah persiapan ku apa aja, yang pertama aku bikin list peralatan mpasi. Ini subjektif sih, setiap orang bisa beda kebutuhan peralatannya apa. Aku pun minta saran sama temen-temenku yang udah berpengalaman (ini penting nih, karena bisa dapat masukan barang apa aja yang bakal dibutuhin, barang yang bisa disubstitusi, atau yang ternyata malah gak terpakai), kemudian aku saring lagi sesuaikan sama budget maupun kebutuhan ku sendiri 😊

Thankyou for sharing Mama Mama Kece :*

Selain bikin list perlengkapan mpasi, aku juga bikin list menu mpasi, yang rencananya aku akan mulai dengan menu tunggal pada minggu pertama (semoga lancar). Tapi di postingan blog kali ini, aku mau khusus bahas daftar perlengkapan mpasi Anbiya dulu yaa 😊

Oh iya, daftar perlengkapan mpasi Anbiya ini simpel aja, dan aku ngutamain pilih barang yang multifungsi sekaligus, dan travel-friendly. Cekidot! 😁

🍽 DAFTAR PERLENGKAPAN MPASI 🍽


  • Baby Chair / Booster Seat
Perlengkapan yang pertama.. Booster seat. Menurut ku, penting pada saat bayi makan dalam posisi duduk supaya gak tersedak, lebih fokus saat makan, sekaligus membiasakan sejak dini kalau makan sebaiknya duduk. Ada banyak pilihan high chair maupun booster seat, dan Anbiya punyanya booster seat merk Baby Elle. Booster seat Baby Elle ini bahan senderan dan dudukan nya empuk 😊
Harga: kado



  • Blender
Ada yang bilang kalau food processor yang canggih itu ternyata tidak akan terpakai lama, jadi blender rumahan saja pun sudah cukup. Sesuai namanya, fungsinya untuk menghaluskan makanan, dan dry mill nya bisa juga dipakai untuk blend kasar kalau mau buat bubuk tempe misalnya.
Harga: kado (waktu nikahan dapet dua kado blender, lumayan buat mpasi Anbiya bisa pakai blender baru hehe)


  • Slow Cooker
Ini dia alat mpasi yang udah aku incer bahkan dari saat Anbiya baru brojol hahaha 😝 . Aku pengin banget punya slow cooker (sc) sebagai alat wajib mpasi, karena lihat review ibu-ibu lain sc ini sangat memudahkan untuk membuat mpasi homemade dan praktis. Tinggal cemplung-cemplung bahan, kemudian ditinggal ajaa, tanpa takut gosong, dan tau-tau jadi. Walaupun aku ibu rumah tangga, sc bisa sangat membantu ku, karena aku no nanny dan no helper. Aku bisa mengerjakan hal lain sambil nyiapin mpasi. Sc ini selain untuk membuat bubur tim, nasi tim, juga bisa untuk membuat kaldu. Dan walaupun anak udah gede nantinya sc ini bisa tetap terpakai kok, bikin sop atau gudeg atau makanan lain. Nutrisi juga lebih terjaga dengan memasak menggunakan sc. Aku beli sc merk Baby Safe keluaran yang terbaru tipe LB 007 sudah ada pengaturan timer-nya (2,3,4 jam) dan mode warm. Sc nya sengaja pilih yang kecil 0,8L pas untuk ukuran makan bayi dan supaya aku bisa bawa kemanapun aku pergi. Yess ukurannya kecil banget ternyata, lebih keciiil daripada magicom mini yaa, so very travel-friendly! Jadi walaupun bepergian ajak si kecil tetap bisa bikin mpasi dengan mudah yaaa... Watt-nya kecil dan kata teman ku yang pakai sc ini juga tetep hemat listrik walau dipakai untuk sehari-hari.
Harga: Rp 247.000 (Online Shop)



  • Mangkok & Sendok
Alat mpasi yang paling esensial, mangkok/ piring dan sendok. Anbiya punya Pigeon feeding support set, yang terdiri dari dua wadah mangkok dan dua sendok. Yang unik dan berbeda dari feeding set lain adalah sendoknya ini ada dua jenis, khusus untuk puree dan jus. Berbeda dengan sendok bayi lainnya. Untuk bubur saring bisa juga pakai sendok yang untuk puree. Bahannya pun elastis namun termasuk ke jenis hard spoon. Jadi gak keras-keras amat, gak lentur-lentur amat. Aku sengaja gak beli feeding set lain, karena menurutku ini saja sudah cukup untuk awal mpasi. Menu makan bayi per porsi masih sedikit dan prefer pakai mangkok daripada piring. Yang aku suka lagi dari feeding support set-nya Pigeon ini, ada salah satu tutup mangkok yang bisa diganti dengan tutup yang ada corongnya. Jadi mangkoknya itu bisa diisi dengan jus buah atau air putih dan anak belajar minum dari situ, seperti latihan minum pakai gelas.
Harga: kado





  • Training Cup / Spout Cup
Spout cup atau sippy cup, aku beli merk Pigeon Magmag Step 2. Sippy cup ini untuk wadah minum Anbiya kalau lagi pergi keluar rumah. Banyak yang rekomendasiin merk Pigeon ini karena pas di genggaman bayi dan ujungnya soft silicon spout, lembut tapi compact, jadi mudah dihisap bayi. Bayi bisa belajar dan membiasakan minum air putih  pakai ini.
Harga: Rp 53.000 (Pigeon Store - Palembang Icon)




  • Suction Bowl & On-the-Go
Kalau mangkok Pigeon feeding support set tadi untuk wadah makan sehari-hari di rumah, nah aku butuh wadah untuk dibawa saat pergi-pergi jadi semacam tempat makan/ bekal gitu.
Karena untuk bekal, jadi aku pilih yang all-in-one praktis udah sama sendoknya juga. Aku beli tempat makan merk Kidsme. Kalau untuk pergi-pergi lebih praktis bawa ini karena sudah include sendoknya (ada tutupan sendok) jadi lebih higienis daripada aku mesti bungkusin sendok pakai tissue atau plastik bening. Sendoknya juga ada indikator ideal temperaturnya.
Selain itu, tempat makan ini juga multifungsi yaitu sebagai suction bowl. Ada hisap karet di bagian bawah sebagai alas wadahnya jadi bisa menempel kuat di meja booster seat/ high chair. Cocok untuk menerapkan metode BLW (baby led weaning), bayi bisa ngambil sendiri makanannya tanpa khawatir mangkok terbalik tumpah dan isinya berceceran. Sipp deh satu barang multifungsi banget! Hehehe jadi tempat bekel, suction bowl, plus nambahin stok mangkok di rumah. 😊👍🏻
Selain merk Kidsme, yang model-model gini juga ada merk lain, Nuby easy-Go. Harganya juga kurang lebih sama, tapi Nuby cuma ada satu pilihan warna.
Harga: Rp 82.000 (Online Shop)



  • Kontainer Multifungsi
Salah satu yang direkomendasiin temen ku juga, yaitu kontainer multifungsi. Bisa untuk wadah snack atau buah-buahan saat bepergian, bisa untuk wadah simpan bahan makanan, dll. Kontainer seperti ini ada banyak merk, tapi aku beli merk Little Baby. Bahan plastiknya sudah BPA free, ada takaran volumenya, dan bisa dibawa disusun dengan kontainer lain ataupun satuan. Kontainer ini pun bisa dipakai untuk menghangatkan makanan dalam microwave.
Harga: Rp 38.000 (Online Shop)




  • Bib 
Bib / celemek makan juga penting saat mpasi supaya baju gak kotor kena cipratan makanan. Di foto ini bib merk Carter’s. Anbiya udah punya beberapa tapi bahannya kain semua. Sebenernya banyak yang jual berbahan plastik rubber gitu jadi gampang dibersihkan tinggal dilap-lap aja dan mudah dilipat jadi cukup praktis untuk dibawa-bawa.
Harga: kado



Nah untuk peralatan MPASI yang ada di bawah ini, aku memanfaatkan alat-alat dapur yang ada di rumah.. 😊 


Peralatannya antara lain :
  • Panci Kukusan / Dandang
Untuk kukus bahan makanan. Jangan lupa saat mengukus, bahan makanannya pakai wadah mangkuk stainless steel atau yang tahan panas lainnya.



  • Panci Kecil
Panci kecil ini sebagai opsi lain buat masak bubur kalau lagi gak pakai slow cooker. Bisa untuk rebus-rebus juga.
  • Pisau & Talenan
Aku pakai talenan berbahan plastik biar lebih mudah dibersihkan. Aku juga gak pisahin talenan daging dan sayur, jadi satu aja asal sebelum digunakan cuci bersih dulu dan keringkan. Pisau juga pakai yang ada di dapur aja, udah punya beberapa dan bagus kualitasnya.


  • Parutan Keju
Parutan juga alat mpasi penting untuk marut keju, sayur dan buah sesuai kebutuhan. 
  • Saringan Kawat
Buat nyaring puree, menghaluskan bubur atau makanan lain. Jadi bahan makanannya tinggal dipenyet-penyet aja pakai sendok di atas saringan kawat ini.
  • Perasan Jeruk
Ini juga pakai yang sudah ada di rumah. Bisa juga dipakai sebagai alat mpasi untuk bikin perasan air jeruk baby.
  • Botol Kaca / Wadah Kaldu
Untuk wadah kaldu, aku sudah menyiapkan beberapa botol kaca, kantong asip dan kotak es batu. Aku juga udah cari beberapa resep kaldu yang enak seperti kaldu daging, kaldu ayam, dan kaldu salmon. Hmm tambah enaak deh buburnya Anbiya 😋
  • Kantong Ziplock
Kantong ziplock atau plastik klip fungsinya sebagai wadah multifungsi. Tapi utamanya aku beli ini untuk menyimpan stok bahan makanan Anbiya. Jadi aku akan pisah-pisahin per-porsi gitu dalam satu plastik. Khususnya yang daging-dagingan, sayur, biar tinggal ambil yang dibutuhin aja. Sekaligus untuk simpan bahan makanan mentah saat traveling juga. Kantong ziplock ini mudah ditemukan di berbagai supermarket.



🥣 TAMBAHAN 🥣


  • Cemilan
Aku beli cemilan biskuit Yummy Bites rasa pisang dan biskuit Milna rasa beras merah. Yummy bites banyak dijual di toko bayi maupun online, sedangkan Milna banyak di minimarket maupun supermarket.
  • Tepung Beras
Tepung beras bisa jadi opsi untuk sumber karbohidrat. Dapat dijadikan puree ataupun menu 4 bintang dengan tambahan lauk lain. Tepung beras bukan makanan instan, tapi harus dimasak terlebih dahulu. Ada beberapa merk tepung, yang aku udah beli ini merk tepung Gasol dan tepung organik biofarm. Oh ya sekarang ini bukan cuma ada tepung beras aja, tapi juga ada tepung lain seperti tepung ubi, tepung kacang hijau, dll. Aku beli tepung ini untuk persediaan, karena utamanya aku pengin dari bahan-bahan yang fresh.
  • Lemak Tambahan
Manfaat lemak tambahan pada mpasi bayi untuk boost berat badan dan untuk melancarkan pencernaan (mencegah sembelit). Lemak tambahan yang aku sediakan untuk mpasi Anbiya ada unsalted butter, keju belcube, evco, dan evoo.

***

Nah.. itu lah daftar perlengkapan MPASI-nya Anbiya. Cukup simpel yah dan alhamdulillah banyak yang dapat dari kado juga (makasih yaa om tante yang udah ngadoin semoga rejekinya tambah banyak 😊).

Seneng deh Anbiya udah mau mulai makan, karena aku sama suami itu hobi masak-masakan, jadi kita berdua excited banget untuk nyiapin menu mpasi Anbiya. Aku dan suami udah berniat memberi makan homemade untuk Anbiya yang utama, tapi gak menutup mata juga sama makanan instan bayi. Jadi kalau butuh makanan instan ya gak masalah 😊

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan nanti sambil berjalannya waktu kalau ada barang lain yang ternyata penting untuk mpasi akan aku update di sini.
Bismillah.. semoga Anbiya makannya lahap, tambah sehat, selalu happy, tumbuh kembangnya baik sesuai usianya. Aamiin..

Happy MPASI! 😍😍😍


~ UPDATED 2/11/18 ~

Setelah menjalani masa mpasi selama 3 bulan ini, alhamdulillah barang yang ku tulis di atas benar-benar terpakai gak ada yang mubadzir hehee.. tapi ada barang tambahan ni yang ternyata penting juga. Ku update di bawah ini yaaaa 👇🏻

  • Foldable Silicone Bib
Sebelumnya, Anbiya pakai bib berbahan kain, tapi ternyata susah bersihin noda bekas makanan yang menempel dan harus punya banyak ganti karena sehari butuh minimal dua buah. Akhirnya daripada beli yang bahan kain lagi, kepikiran untuk beli yang bahan silikon saja karena mudah dibersihkan, bisa langsung dipakai berkali-kali, dan karena bahannya lentur jadi bisa dilipat. Praktis gak makan tempat kalau misal mau dibawa bepergian.
Alhamdulillah pas kebetulan banget mau beli bib model gini, eh dapat kiriman kado. Gak jadi beli deeh.. hehee thanks onty cici willy ☺️
Harga: kado


  • Squeeze Spoon Feeder
Beli ini karena Anbiya suka banget makan buah. Suap pakai sendok biasa sebenarnya bisa aja, tapi Anbiya suka terus menghisap-hisap sendoknya walau isinya udah gak ada 😂
Jadi kepikiran deh untuk beli squeeze spoon feeder ini, karena aku tinggal pencet aja, isinya bisa langsung keluar dihisap-hisap Anbiya.
Sebelumnya aku udah survey lihat langsung berbagai merk: ada Munchkin, Baby Safe, Pigeon, dan Kidsme. Tapi akhirnya pilihan ku jatuh kepada Nuby Garden Fresh Squeeze Feeder. Karena bentuknya pas digenggaman, gak bulky, bisa disterilkan dengan air panas, bahan botol dan sendoknya bagus, pas dan nyaman untuk bayi.  Dan dapat dua sendok (sendok step 1 dengan lubang lebih kecil untuk buah-buahan/ yang cair & sendok step 2 dengan lubang lebih besar bisa untuk bubur).  Suka banget pas lihat Nuby ini, karena bentuknya yang tinggi langsing, jadinya kalau bepergian bawa ini masukin tas gak makan tempat.
Harga: Rp 99.000 (Doremi Baby Shop Palembang)




  • Food Jar 
Pas aku bikin list perlengkapan mpasi, salah satu temanku merekomendasikan untuk membeli food jar. Tujuannya supaya makanan bayi tetap hangat kalau bepergian. Tapi waktu awal-awal aku belum beli, karena masih ragu beneran bakal kepakai banget atau gak. Ternyataaa.. aku beneran butuh! Soalnya sedih aja sih kalau pergi ke Mall atau ke mana gituu, bawa bekal bubur dan pas mau dimakan Anbiya udah dingin :”( 
Ehh tau tau papa nya Anbiya pulang kantor bawa Food Jar. Papa Anbiya beliin food jar merk Thermos. Bagus banget bahan materialnya, warnanya juga lucu. Hehee. Aku udah coba bawa bekal mpasi Anbiya pas pergi-pergi, hasilnya tetap terjaga hangat dan bisa sampai 6 jam. InshaAllah nanti aku mau review Thermos food jar ini di postingan terpisah ya 😁
Selain merk Thermos, ada juga merk lain seperti Crown, Tiger, Shuma, dan Zojirushi. 
Harga: Rp 398.000 (Online Shop)



Ok.. sejauh ini nambah tiga barang ini aja untuk printilan perlengkapan mpasi nya. Kalau nanti ada yang penting dan nambah lagi aku update lagi 😊

6 comments :

  1. Halo mom, mau tanya, yg kidsme suction bowl itu dibagian mangkok sampingnya emang ada bagian yg gak rata kah? Aku baru beli di olshop, trs ada bagian yg ga ratanya.. apa emang gitu ya? Mohon infonya ya mom.. makasii ��

    ReplyDelete
  2. Mom, kalo aku ga salah nangkep kayanya ini pas mpasi mom masih di palembang y? Boleh tau sam dsa siapa ga ya mom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mom, DSA di Palembang sama dr. William di RS Charitas mom :)

      Delete
  3. Kak naksir sama mangkok makan yang ada 2 macam sendoknya itu merk apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo.. Merk Pigeon yah kak 😊 terima kasih sudah berkunjung ke blog 😊

      Delete