SOCIAL MEDIA

Saturday, June 30, 2018

Pengalaman Ajak Bayi Berenang di Rumah

Aku ajak Anbiya berenang pertama kali pas umur 3 bulan. Anbiya seneng bangeett kalau udah ketemu air/ waktu mandi. Awalnya aku dan suami mau ajak Anbiya renang di tempat baby spa, tapi akhirnya kita putuskan untuk renang di rumah saja :D

Anbiya renang pake kolam renang bayi yang dipompa itu, merk Sugar Baby. Suami dapat bagian tugas mompa kolam, sedangkan aku bagian yang masak air hangatnya. Lumayan banget lho ngisi air nya ini. Sampai butuh dua panci besar untuk masak air hehee. Kita bahu membahu demi si bayik senang :D

Poin-poin yang diperhatikan sebelum ajak bayi renang di rumah :
  • BB minimal 5 kg / umur > 3 bulan. Aku ngikutin persyaratan di tempat baby spa. Anbiya sebenernya dari umur 2 bulan juga udah 5 kiloan, tapi aku baru berani ngajak Anbiya renang nunggu dulu sampe umur 3 bulanan. Biar kepalanya udah lebih tegak aja gitu..
  • Sebelum renang, bayi juga butuh pemanasan dulu. Pemanasannya simple sih aku lihat yutub aja, gerakan tangan menyilang 8 hitungan, trus kaki gerakan kayuh sepeda dan tekuk lutut masing-masing 8 hitungan.
  • Orangtua perlu tau karakteristik bayi nya kira-kira bakalan enjoy berenang apa gak. Bisa ketauan sih dari pas waktu dimandiin, happy saat main air atau malah kecenderungan gak suka? Aku mulai pede ajak Anbiya berenang pas aku liat dia selalu happy banget kalo mandi, terutama kalo lagi berendem di bak-nya. Kalo bayi agak takut pas renang sebaiknya ditemenin sama orangtuanya dulu, atau coba lagi next time.
  • Ajak bayi berenang saat mood nya happy. Gak lagi cranky karena ngantuk atau haus.

Dan ini lah foto-foto Anbiya pas berenang..

Dijagain papa :)

Awal-awal ekspresi bingung hehe


Mulai seneng...




Foto tampak jelas bentuk kolam renangnya. Model tabung tinggi gini cocok untuk baby <1 tahun.

Kolam renang sugar baby

Awalnya Anbiya mukanya agak bingung gitu tapi gak lama langsung seneng dia kecipak kecipukk hehee.. Btw aslinya Anbiya ini seneng senyum dan ketawa-tawa, tapi ntah kenapa anak lanang ini tiap liat kamera pastiiii langsung diemmm. Hahahaa.. Gak suka kalo mama foto-foto atau videoin hihii.. Tapi tetep berhasil sih dapat candid video yang lucuu :D

Ohya sebelum masukin bayi ke kolam renang, pastikan kita basuh air ke kaki nya dulu yah secara perlahan, tujuannya biar bayi gak kaget. Trus rekomendasi waktu berenang untuk bayi itu selama kira-kira 15-20 menit.

Selesai renang, lanjut dimandiin deh trus balur-balur minyak telon, nenen, anget deh si bayiik langsung pules tidur. Hehehee.. 

Manfaat berenang untuk bayi yang aku baca dari artikel di web IDAI, sebenernya renang pada bayi ini bukan untuk literally latihan renang loh. Tapi untuk menciptakan kegembiraan dan bonding antara orangtua dan bayi.
Selain itu, bermanfaat juga untuk menstimulasi gerakan motorik bayi, memperkuat otot leher dan kaki. Dan dengan aktivitas berenang ini juga melatih keberanian, kemandirian dan percaya diri.

Ternyata seru banget ajak bayi berenang di rumah. Next time mau coba lagi :)

No comments :

Post a Comment