SOCIAL MEDIA

Saturday, December 2, 2017

USG Kehamilan 27 Minggu

Hari ini jadwal lihat dedek lagi sekaligus jadi kontrol kandungan terakhir di Palembang, karena InshaAllah dalam beberapa waktu dekat ini aku akan kembali ke Tangerang karena rencana akan melahirkan di sana.

Tapi ternyata dapat info kalau dr. Nuswil (dokter langganan biasa cek di RS Hermina Palembang) gak praktek hari ini, jadi periksa sama dokter lain deh. Agak sedih karena kita udah klop dan seneng banget sama dr. Nuswil dan sekaligus hari terakhir kontrol pengin ketemu pamitan gitu kaan. Secara beliau udah bantuin kita dari masa TTC. Tapi gak bisa ketemu, hikss..

Jadi periksa kali ini ganti sama dr. Peby Maulina, Sp. OG (K) . dr. Peby ini juga subspesialis/ konsultan fetomaternal sama seperti dr. Nuswil, dan ternyata beliau ini asik dan baik juga orangnya. Untuk dokter kandungan perempuan, TOP deh. Cantik pulaa 

Seperti biasa awal datang langsung ke nurse station, ditimbang berat badan dan tekanan darah. Berat badan ku naik 3 kilo dalam sebulan wooowww. Tensi ku normal alhamdulillah 120/80.

Kira-kira menunggu antrian lima orang, akhirnya nama ku dipanggil masuk ke ruang periksa.
Langsung disambut ramah sama dr. Peby, beliau baca sekilas dulu rekam medis aku, kemudian bertanya apa aku ada keluhan? Aku bilang mulai masuk bulan 6 kehamilan kaki (betis) suka kram saat tidur. Bisa hampir setiap hari. Katanya itu gejala kekurangan kalsium, jadi dosis kalsium ku bisa ditingkatin jadi 2x sehari, dan wajib minum susu setiap hari. Padahal minum susu juga gak pernah ketinggalan, ntah lah kenapa masih suka kram. Kalau kram nya terus berlanjut disaranin cek darah vitamin D. Karena kalau kekurangan vit. D khawatir penyerapan kalsium jadi terganggu.

Trus lanjut periksa USG deh 
Dedek usianya sudah 27 minggu, beratnya ideal 945 gram (wooww udah hampir sekilo aja nih dedek), jantung, otak, struktur tulang belulang, inshaAllah normal. Jenis kelaminnya makin terlihat jelas hihi sama seperti perkiraan sebelumnya. Bismillah InshaAllah sehat yah dek..
Air ketuban ku grade 11, masih cukup bagus, tapi kalau bisa ditingkatkan dengan banyak minum air putih, minimal 3L/ hari.
USG nya juga di switch sama 4D untuk lihat organ-organ tubuh dan wajah dengan jelas.
Tapi lagi-lagi dedek nutupin wajahnya ni jadi gak bisa lihat jelas dari depan. Mungkin dedek mau kasih surprise buat mama papa nya yaa 
Walaupun begitu, aku udah seneng banget karena bisa lihat wajah dedek dari samping..

USG 4D 27 minggu tampak wajah dari samping

Kata dokternya dedek lagi mikir nih. Heheheh 😘

Mirip siapa yaa? Hehee

Alhamdulillah kondisi dedek dinyatakan baik oleh dokter dan aku pun bisa dapat surat sehat dan layak untuk naik pesawat. dr. Peby resepin aku suplemen sama seperti bulan lalu yaitu Folamil Genio, kalsium Eazycal, dan ada penambahan suplemen Prolacta DHA.

dr. Peby juga menjelaskan kalau posisi plasenta ku baik, tidak menutupi jalan lahir, inshaAllah bisa lahiran normal. Tapi yang paling penting katanya untuk bisa lahiran normal adalah tekad yang kuat dari Ibu itu sendiri. Doa dan harapan ku, agar aku bisa melahirkan secara normal, alami, lancar dan minim trauma. Tapi tetap harus mempersiapkan segala sesuatunya jika ternyata tidak berjalan sesuai keinginan. Bismillah semoga Allah selalu memberi kelancaran 


Aamiin aamiin Ya Rabb...

6 comments :

  1. Sekali usg sm dr peby brp biayanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba, utk jasa dokter + usg sekitar 400an (tahun 2017). Terima kasih sudah berkunjung ke blog 😊

      Delete
  2. Mbk dari awal kehamilan berapa kali USG? Sama bulan keberapa aja ya soalnya sy baru hamil ke 17minggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba, sy mengikuti saran dokter kandungan aja mba, untuk periksa kehamilan sebulan sekali.
      Dan tiap periksa pasti di USG sama dokternya😊

      Delete
  3. mbak itu 400an harganya utk USG 4D ya? klu 3D di dokter peby ada gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba,, itu biaya usg biasa sih mba. Klo sm dr.peby/nuswil, pasti tiap usg dikasih bonus di switch ke 4D juga :)

      Delete