SOCIAL MEDIA

Friday, July 19, 2019

Anbiya Belajar Sikat Gigi

Halo, kali ini mama mau cerita tentang Anbiya yang lagi belajar sikat gigi nih.


Cerita dikit dari awal yaa, waktu Anbiya umur 6 bulan, mama udah rutin bersihin gusi dan lidah Anbiya pakai sikat silikon yang dimasukin ke jari. Trus umur 12 bulan, mama mulai ganti pakai Nuby Teether and Toothbrush yang bentuknya kayak pisang. Kenapa mama pakai ini? Karena giginya Anbiya udah ada empat, kalau masih pakai sikat silikon itu sakit yaa kalau kegigit! Hehe. Trus mama rasa memang sudah saatnya ganti aja, karena kan sudah ada giginya, walaupun masih kecil-kecil, biar lebih bersih aja.


Umur 6 bulan pakai sikat silikon

Selama umur 12-14 bulanan, Anbiya dibersihinnya pakai Nuby Teether & Toothbrush itu, belum mama pakein pasta gigi. Jadi setelah mama sterilin, trus pakai air hangat aja bersihinnya.


Umur 12 bulan pakai Nuby Teether toothbrush

Sampai akhirnya pas Anbiya umur 15 bulan, mama ganti pakai sikat gigi beneran plus dikasih pasta gigi.
Saat itu gigi Anbiya sudah ada delapan, dan udah makan macem-macem termasuk yang manis-manis. Jadi deh, mama semakin mantap untuk mulai pakein pasta gigi.


First 'real' dental kit. Jack n Jill & Nuby toothbrush


Dalam memilih pasta gigi, mama juga bertanya terlebih dulu ke dokter gigi dan cari reviewnya. Karena Anbiya belum bisa kumur-kumur, jadi lebih baik cari pasta gigi yang flouride-free dan gak mengandung bahan kimia berbahaya, jadi aman kalau tertelan. Kandidat pasta gigi yang mau mama beli waktu itu : Buds, Chicco, Jack n Jill.
Ketiga pasta gigi itu organik, flouride-free, SLS-free, paraben-free, no sugar, no artificial colour, dan aman jika tertelan.


Jack n Jill suitable from 6 months. Safe if swallowed

Akhirnya yang mama beli merk Jack n Jill karena harganya yang paling pas di kantong hehe.
Untuk 1 tube ukuran 50 ml seharga Rp 65.000,-
Ini habisnya bakal lamaa, karena tiap sikat gigi cuma pakai sedikiiit banget seukuran beras.

Sikat gigi mama beli merk Nuby, ini juga seadanya di baby shop yang ada saat itu. Menurut mama, sikat gigi Nuby ini bahan sikatnya halus namun mudah brudul. Kalau udah brudul khawatir sakit kalau kena gusi atau sela gigi. Untuk pegangannya sih enak dan kepala sikatnya juga kecil jadi pas di mulut bayi.

Trus mama cari di supermarket, ternyata ada jual sikat gigi Oral-B. Mama beli deh untuk pengganti Nuby. Sikat gigi Oral-B ini ada stage-nya, 1-2-3. Mama beli stage 1 untuk bayi 4-24 bulan. Menurut mama lumayan lah ni sikat gigi. Lebih mudah ditemukan, ada banyak di supermarket. kalau Nuby kan harus di baby shop.


Sikat gigi Oral-B stage 1 (4-24 bulan)

Trus, mama dapat rekomendasi ni dari temen mama yang gigi anaknya baguss terawat (Momasti), sikat gigi yang bagus merk Dr. Brown’s. Pegangannya lentur dan sikatnya lembut. Boleh deh, mama mau coba beli ini juga.

Menurut mama, pemilihan sikat gigi juga penting, karena kalau sikatnya enak, gak sakit, nyaman, anak juga jadi gak trauma dan happy saat sikat gigi.

Anbiya sikat gigi 2x sehari, pagi-siang setelah nyemil dan malam sebelum tidur. Jujur aja, sikat gigi siang tu kadang suka ke-skip, karena abis mandi biasanya Anbiya ngantuk langsung pengin nemplok nenen dan bobok. Biasanya mama gak akan paksa kalau sikon nya lagi begini, karena kalau lagi ngantuk biasanya cranky kan. Mama gak akan paksa sikat gigi di saat lagi cranky. Percuma. Anaknya pasti nolak, mama pun bisa stres. Gak efisien. Jadi lebih baik pending dulu, di lap-lap pakai kassa + air hangat aja as lagi tidur atau sikat sore juga gak masalah abis mandi.
Kalau malam, hampir gak pernah ke-skip, karena udah ada Papa nya Anbiya juga kan. Ada yang bantu ingetin dan nyikatin.

Nah, mama mau sharing gimana cara mama ngajarin Anbiya sikat gigi 😊👇🏻 :
  • Children see, children do. Yes, mama setuju banget sama kalimat itu. Untuk segala hal, termasuk sikat gigi, Anbiya udah biasa lihat mama papa sikat gigi. Jadi begitu Anbiya dibelikan sikat gigi kecil untuknya, langsung happy dan mengarahkannya ke mulut untuk menirukan gerakan sikat gigi. Jadi ada baiknya memang, sebelum kenalkan sikat gigi ke anak, dilihatin/ contohin dulu supaya lebih familiar.
  • Sebelum mulai sikat gigi, mama sterilkan sikat gigi dulu dengan air hangat. Celup-celupin aja sebentar. (Btw mama simpan sikat gigi di kamar tidur dan simpan dalam wadah bersih). 
  • Siapkan gelas khusus untuk sikat gigi. Gelas ini untuk diisi air matang.
  • Sebelum mulai sikat gigi, biasanya mama meminta Anbiya untuk minum air putih dulu.
  • Cara sikat gigi, biasanya Anbiya sambil duduk/ berdiri. Suka suka dia sih😆 trus mama bilang “A...a..aaaa”, “I...iiiiiii” supaya mangap. Kalau sambil duduk/ berdiri gigi bawah lebih gampang untuk disikat. Tapi susah untuk gigi atas. Khusus untuk gigi atas, mama nyikatin dengan cara Anbiya sambil tiduran di paha mama. Jadi lebih gampang sikat gigi bagian atasnya.
  • Kondisi harus happy! Biasanya sambil mama ajak nyanyi, cerita-cerita. Papa juga bantu hibur biar ketawa-tawa, senyum, buka mulut trus mama sikatin deh! Hehee
  • Berikan kesempatan untuk Anbiya sikat sendiri giginya. Anbiya seneng banget kalau udah gini dia bisa explore dan mengenali kegiatan yang sedang dilakukan. Trik mama, mama siapin dua sikat gigi. Satu untuk dipegang-pegang Anbiya, satunya dipegang mama untuk ancang-ancang nyikatin giginya. Lebih efisien dan gak drama. Hal ini juga mama terapin saat sesi makan. Mama selalu siapin dua sendok. Satu untuk dipegang Anbiya dia belajar nyuap sendiri, satu untuk mama nyuapin. Jadi Anbiya less stress juga menurut mama. 
  • Selesai sikat gigi, karena Anbiya belum bisa kumur-kumur, jadi mama lap-lap gigi dan gusi  Anbiya dengan tooth and gum wipes atau pakai kassa/ waslap yang sudah dibasahkan. Atau juga sikat giginya tadi dicelup-celup basahin ke air di dalam gelas khusus tadi, kemudian sikat ulang untuk bilas.
  • Supaya lebih fun, mama selalu ngajak Anbiya untuk nyanyi waktu sikat gigi. Mama ciptain sendiri nih lirik lagu dan nadanya hehee


“ Sikat gigi, gigi ku sehat
Sikat gigi, gigi ku kuat
Sikat gigi, bebas dari kuman
Senyum ku ceriaaa"
plok.. plok.. plok... hahahah nyanyikan berulang-ulang >.<


Tiap mama nyanyi itu, Anbiya udah hapal wah bakal sikat gigi nih dan ikutan tepuk tangan. Hehee.

PR mama papa, masih terus ngajarin Anbiya kumur-kumur dengan cara beri contoh dan Anbiya kumur-kumur pakai air matang. Saat ini sih belum bisa, masih ditelen terus airnya. Hehe 😆
Trus PR lain untuk konsisten nyikatin gigi Anbiya, supaya jadi kebiasaan dan gak menyesal nantinya, walau gigi susu, tapi tetap harus dijaga kebersihannya. Btw, mama sampai sekarang masih punya gigi susu lhooo. Masih kuat dan baguss, kata dokter gak perlu dicabut. Hehe.

Ketika Anbiya sudah mahir kumur-kumur, mama akan switch pasta giginya jadi yang ber-flouride (untuk mencegah caries/ gigi berlubang). Itupun dipakainya sedikiiit sekali. Namun untuk saat ini masih pakai Jack n Jill dulu karena terbuat dari bahan-bahan alami dan flouride-free.





Okaayy, cukup sekian sharing mama tentang Anbiya belajar sikat gigi.. Semoga bermanfaat :)

1 comment :

  1. Infonya sangat bermanfaat. Kesehatan gigi ternyata sangat bikin nyaman untuk keseharian. Harga susu kambing etawa

    ReplyDelete