SOCIAL MEDIA

Saturday, February 9, 2019

Anbiya 11 Bulan

Hii.. kali ini mau lanjut cerita tentang milestone Anbiya ni saat umur 11 bulan 😊

Gak terasa, anak bayik udah mau ulang tahun ajaa... Perkembangan fisik, sosial-emosi, motorik, kognitif, rasanya berkembang dengan cepat. Berat badan Anbiya 10 kg dan tinggi sudah mencapai 76 cm. Hehehe nak lanang jangkung 😘




Anbiya semakin bisa mengekspresikan berbagai perasaan, bahkan sudah bisa menjadikan tangisan sebagai senjata! Huaah.. hehehe.. kalau lagi asik main sesuatu dan tiba-tiba di cut, atau lagi pengin A tapi mama larang, bisa deh langsung nangis 😁😆 trus udah pintar pilih-pilih makanan yang disuka juga.. ini yang bikin harus ekstra sabar tiap nyuapin dan mama harus lebih kreatif lagi.
Anbiya juga udah mulai bosen main di dalam rumah, rasa penasaran eksplore dunia luar semakin besar. Kalau pagi, biasanya jam 6 gitu sama papa keluar rumah beli nasi uduk sama ke tukang sayur. Sekalian jalan-jalan tu Anbiya menghirup udara pagi yang segar.. Senang lihat burung, ayam, embun pagi ☺️ nah sore nya, giliran jalan-jalannya sama mama. Lihat kakak-kakak yang pada main layangan, main sepeda, lihat kucing, ayam, bebek, mentog, yang dipelihara tetangga hihi.. sekalian Anbiya belajar jalan dititah sama mama. Biasanya Anbiya jalan sore gini setiap abis mandi. Trus pulangnya kan udah agak capek tu, haus dan laper, baru deh mama suapin makan. Biasanya Anbiya makan lebih banyak kalau abis main gini.

Saat 11 bulan juga Anbiya lagi fase gak bisa ditinggal sama mama sebentar aja. Pokoknya dimanapun berada, mama harus ‘kelihatan’ biar Anbiya tenang. Mama ngilang dikit bisa dicari sampai nangis. Karena belum bisa jalan, jadi Anbiya merangkak cepat nyari mama. Jadi solusinya, kalau mama masak atau nyuci piring di dapur atau bahkan ke kamar mandi, Anbiya yaaa dibawa.

Setiap ada kesempatan, Anbiya 11 bulan suka pegangan sama mama papa untuk berdiri dan senang mencoba melepas salah satu tangannya kemudian merambat. Senang berpegangan pada lemari dan apapun yang bisa membuat Anbiya bisa berdiri. Di umur 11 bulan ini, Anbiya masih butuh tumpuan untuk berdiri.. belum bisa berdiri sendiri tanpa bantuan. Untuk berjalan sudah bisa beberapa langkah sambil dititah. 
Oh ya mengenai jalan, mama terus stimulasi Anbiya untuk membiasakan berdiri terlebih dahulu dan mengatur keseimbangan. Mama gak mau terlalu maksa dan pasang target Anbiya harus segera bisa jalan. Tugas mama hanya bantu stimulasi Anbiya. The baby is ready, when the baby is ready, right?

Umur 11 bulan, gigi Anbiya udah ada tiga, dan satu lagi otw 😁 . Pas tumbuh gigi ini badannya sempat sumeng beberapa hari, tapi gak sampai demam. Mama papa beliin kalung amber buat Anbiya. Ikhtiar supaya Anbiya merasa tetap nyaman saat tumbuh gigi. Kapan-kapan mama review tentang kalung amber yaa.

Seru banget sih rasanya, semakin besar anak, semakin besar pula tantangannya. Luas biasa rasanya jadi seorang Ibu.
Di usia 11 bulan Anbiya masih terus lanjut terapi zat besi (Maltofer) untuk mengatasi ADB nya. Bulan Maret mau kontrol lagi pas pulang ke BSD, semoga sudah normal kembali semuanya yah.. Aamiin.

Ok segitu dulu yang mama mau ceritain mengenai milestone Anbiya di usia 11 bulan. Semoga Anbiya sehat selalu dan sempurna tumbuh kembangnya sesuai umurnya. Aamiin

No comments :

Post a Comment