SOCIAL MEDIA

Friday, December 21, 2018

Anbiya 9 Bulan

12 November 2018, Anbiya ulang bulan yang ke-9. Alhamdulillah semakin hari semakin banyak hal baru yang membuat mama papa takjub..
Dari perkembangan fisik, BB Anbiya saat 9 bulan ini 9,63 kg dengan tinggi 73,5 cm. Beratnya cuma naik beberapa ons aja dari bulan lalu, karena Anbiya udah aktif bangetπŸ˜† tapi alhamdulillah tetap dalam range ideal untuk bayi laki-laki.



Untuk perkembangan milestone-nya, ini aku lihat panduan dari buku KIA posyandu dan buku dari RS.

Menurut buku panduan KIA Posyandu, bayi 9 bulan sudah bisa : 
  • Merambat
  • Mengucapkan ma..ma, da..da
  • Meraih benda sebesar kacang
  • Mencari benda atau mainan yang dijatuhkan
  • Bermain tepuk tangan atau cilukba
  • Makan kue atau biskuit sendiri
Buku panduan RS Eka Hospital, bayi 9-12 bulan :
  • Berdiri sendiri tanpa dibantu
  • Melambaikan tangan (bye-bye)
  • Menunjuk untuk meminta sesuatu
  • Memanggil mama papa 
Anbiya sudah bisa semuanya kecuali merambat. Di usia 9 bulan ini, kemampuan berdiri Anbiya masih sama seperti bulan lalu, berdiri sambil berpegangan sesuatu untuk menopang tubuhnya. Tapi belum bisa melangkah/ bergeser merambat.
Gak perlu khawatir karena perkembangan tiap anak itu beda-beda. Untuk kemampuan berdiri ini masih bisa ditunggu hingga umur 12 bulan. Yang penting mama lakukan stimulasi yang sesuai dengan kemampuan Anbiya.



Selain stimulasi berdiri, mama juga melatih Anbiya untuk merangkak. Seperti mama cerita di postingan milestone sebelumnya, bahwa merangkak itu banyak sekali manfaatnya. Di umur 9 bulan ini, Anbiya belum bisa merangkak. Masih ngesot atau berguling-guling untuk meraih sesuatu. Tapi progress yang mama lihat, tangan Anbiya semakin kuat menopang ketika mau mencoba merangkak, walaupun akhirnya ngesot. Hehee. Gpp sayang, pelan-pelan nanti bisa yaaa ;)

Di umur 9 bulan ini Anbiya sudah lancar duduk sendiri tanpa bantuan,, dari posisi tiduran. Dan juga akhirnya bisa mengucap pa..pa..papaa.. biasanya kemarin cuma bisa panggil mama 😊
Semakin ekspresif, bisa ngambek marah senang sedih takut. Biasanya kalau ngambek suka menghentak-hentakan kaki sambil merengek khas bayi. Kalau lagi gembira biasanya senyum tertawa dan mengoceh sambil bertepuk tangan. Anbiya juga bisa menunjukkan ekspresi takut kalau ditinggal mama. Sebenarnya Anbiya ini mau-an sama siapa aja. Sumeh dan ramah sama semua orang. Tapi pada saat tertentu, misal lagi ngantuk yang dicari pasti mama dan akan nangis kalau lihat mama pergi  walaupun itu cuma ke dapur atau kamar mandi πŸ˜†




Oh ya, saat umur 9 bulan, Anbiya imunisasi MR di rumah vaksinasi BSD. Alhamdulillah gak demam dan rewel setelah vaksin MR. Vaksin MR di rumah vaksin bsd ini biayanya Rp 350.000,-, Lebih terjangkau daripada di RS, dokternya pun baiiikk banget (dr. Mutiara).

Ok.. begitulah kurang lebih perkembangan Anbiya pada saat berumur 9 bulan. Saat ini umur Anbiya sudah 10,5 bulan. Semoga Anbiya selalu sehat dan dalam lindungan Allah swt. Aamiin πŸ’•πŸ’•

No comments :

Post a Comment