SOCIAL MEDIA

Sunday, February 11, 2018

USG Kehamilan 37 Minggu

Sabtu, 10 Februari 2018 ternyata jadi jadwal kontrol USG dedek yang terakhir.
Hari itu usia dedek tepat 37 minggu jika dihitung dari HPHT. 
Hasil USG dengan dr. Mery, SpOG menyatakan posisi kepala dedek sudah masuk panggul, lilitan tali pusat di leher pun sudah terlepas (yeay! Alhamdulillaah.. akhirnya.. hebat pinter dedek👶🏻), air ketuban bagus, denyut jantung ok, estimasi berat badan 2,8 kg. Pemeriksaan lain semuanya dalam keadaan normal.

Diameter kepala dan badan

DJJ normal

Karena sudah masuk usia kandungan 37 minggu (artinya dedek bayi sudah siap lahir dan bisa brojol kapan aja), jadi dr. Mery melakukan pemeriksaan dalam untuk cek panggul.
Agak deg-degan waktu itu karena pertama kalinya ngerasain cek dalam hehee tapi pasrah aja toh ntar pas saatnya melahirkan juga bakal di cek dalam berkali-kali, jadi itung-itung ini latihan deh tau gimana rasanya ><
Daaaan... hasil cek dalamnya : alhamdulillah panggul ku bagus. Kata dr. Mery ini kelebihan orang tinggi, biasanya gak ada masalah di panggul, hhmm baru tau (Tapi bukan berarti orang yang gak tinggi panggulnya gak bagus loh yaa...)
Dan proporsional juga dengan posisi dan ukuran bayi, inshaAllah bisa lahiran normal.
Selain itu, dr. Mery juga menemukan bahwa ternyata mulut rahim ku sudah mulai menipis dan sudah pembukaan satu!
Kaget banget pas tauuu.. karena belum ngerasain apa-apa, palingan cuma kontraksi palsu dan itu gak sering.
Dan rasanya tiba-tiba deg-degan setengah mati, sampai muka ku jadi pucat kata mas ghi pas keluar ruang dokter. Hehee. Iya karena tiba-tiba aja ngerasa takut mau melahirkan + seneng banget mau ketemu dedek bayi. Undescribeable feeling deh....

Tapi karena aku belum ada merasa mulas atau kontraksi sedikitpun, jadinya ya disuruh pulang dulu. dr. Mery juga saat itu masih santai aja dengan kondisi ku, minggu depan suruh kontrol lagi, tapi kalau tiba-tiba aku ada flek, kontraksi, atau ketuban pecah, itu harus langsung datang ke IGD karena itu udah tanda persalinan.

HPL ku jika dihitung usia kehamilan 40 minggu itu sebenarnya jatuh pada tanggal 3 Maret 2018. Tapi memang gak menutup kemungkinan untuk melahirkan maju dari HPL (karena usia kehamilan mulai 37 minggu terhitung debay sudah siap lahir), pun bisa saja mundur dari HPL.


UPDATE
Dan.. ya.. dua hari setelah kontrol ini, benar akhirnya aku melahirkan jugaaa... Pada usia kandungan 37 minggu 2 hari. Rupanya malaikat kecil ku sudah tak sabar ingin segera bertemu... 

Cerita lengkapnya next post yaa :)

No comments :

Post a Comment