SOCIAL MEDIA

Wednesday, February 7, 2018

Baby Shopping List

Ketika memasuki usia kehamilan 28 minggu, aku sudah mulai mencicil membuat list perlengkapan bayi apa saja yang dibutuhkan. Pertama-tama aku menampung list dari berbagai sumber para moms yang sudah berpengalaman sebagai referensi, ntah itu dari mamah, teteh, tante, teman-teman, bahkan juga dari hasil blog-walking. Dari sekian banyak list perlengkapan bayi yang ku peroleh, aku sesuaikan lagi dengan kebutuhan dan kondisi ku, aku buat daftar list tersendiri kira-kira mana yang benar-benar diprioritaskan untuk aku beli.

Nah di bawah ini adalah baby shopping list yang sudah ku buat dan ku beli untuk persiapan menyambut adek bayi..

Klik untuk perjelas (list pakaian, toiletries, peralatan tidur)

Klik untuk perjelas (list peralatan menyusui, mom's, travel, dan lain-lain)

Aku membuat list dengan beberapa bagian seperti di atas, jadi ada bagian :

1. Pakaian


Perlengkapan pakaian newborn

Untuk pakaian, aku beli untuk kebutuhan awal newborn dulu. Jadi memang gak banyak-banyak, karena newborn cepat besar. Masing-masing item pakaian aku beli 1/2 lusin. InshaAllah cukup, karena juga ada mbak yang bisa bantuin aku nyuci pakaian setiap hari.
Aku juga berencana untuk memakaikan popok kain tali ke bayi aku nanti, jadi aku beli dalam jumlah cukup banyak yaitu 1 1/2 lusin. Popok sekali pakai tetap sedia (aku beli merk pampers premium) untuk berjaga-jaga dipakai jika ada urusan ke rumah sakit, acara aqiqah, atau yang mengharuskan pergi ke luar rumah. Aku juga dapat lungsuran clodi (cloth diaper) dari kakak aku, masih dalam kondisi bagus seperti baru + inner nya juga. Jadi mungkin nanti ganti-gantian antara pakai popok tali dan clodi kalau di rumah.

Baju lengan panjang + celana panjang 

Baju lengan pendek + celana pop

Jumper

Sleepwear tutup kaki, cocok unttuk dipakai ke RS kalau checkup/ vaksinasi,
karena full kancing dari atas sampai bawah

Singlet, beli yang ukuran S, karena ukuran NB kecil bangeet

Popok tali untuk dipakai sehari-hari di rumah

Bedong, multifungsi bisa jadi alas tidur ataupun selimut.
Bedong merk Libby haluusss banget dan gak gerah bahannya, jadi ok untuk jadi selimut juga

Sarung tangan dan kaki

Topi bayi

Clodi dan inner nya


2. Toiletries


Toiletries
Untuk perlengkapan toiletries aku sedia yang kira-kira penting aja, seperti sabun mandi (aku beli merk lactacyd baby, ini katanya bagus, karena newborn kan belum tahu ya kulitnya sensitif apa gak, jadi untuk mencegah skin rash pakai lactacyd baby untuk sehari-hari), shampoo bayi, minyak telon, minyak wangi. Aku memang gak beli semacam hair lotion ataupun body lotion karena untuk mengurangi kontak bahan kimiawi ke kulit bayi. Untuk rash cream, sebenarnya aku lagi mempertimbangkan untuk membeli yang multipurpose cream, antara sudocrem atau lucas papaw. Tapi aku belum beli sih, karena aku berencana mau pakai yang alami dulu aja seperti VCO atau minyak zaitun.

Untuk mandiin baby juga aku belinya baby bather, seperti pada gambar di atas. Karena lebih mudah aja untuk mandiin newborn karena posisi bisa di-adjust dari tiduran-agak duduk. Kalo pakai bak mandi bayi, kayaknya itu bak malah jadi berfungsi sebagai penampung air doang (jadi kayak ember), bayinya pas dimandiin ditadah pakai tangan (kebayang gak?). Ribet aja liatnya, jadi mending pakai baby bather.

Aku juga sedia kapas bulat untuk membersihkan poop atau pipis sebelum ganti popok lagi, dan juga ada kain kassa untuk membersihkan lidah.

Box toiletries

Handuk

Waslap

3. Peralatan Tidur


Bantal dan guling baby

Rencananya saat dedek bayi lahir nanti, boboknya barengan di kasur sama mama papa nya, jadi kita gak beli baby box atau baby crib gitu. Jadi nanti di atas kasur, kita alasin aja dengan perlak dan alas tidur yang lembut.
Untuk selimut, aku belinya yang model selimut topi gitu, jadi biar bisa dipakai juga jika membawa dedek ke RS misalnya untuk kontrol kesehatan atau vaksin. Untuk gantinya bisa pakai kain bedong yang dijadikan selimut. Karena aku beli bedong yang bahannya halus banget, lembut, dan bisa multifungsi jadi selimut.

Selimut topi


4. Peralatan Menyusui


Breastpump dan wadah asip kantong

Walaupun sekarang aku menjadi ibu rumah tangga, namun punya breastpump itu wajib hukumnya. Breastpump bisa digunakan dalam kondisi asi ibu sedikit ataupun berlebihan. Kalau asi sedikit, fungsinya breastpump ini untuk merangsang pengeluaran asi, sedangkan kalau asi berlebihan untuk menampungnya agar payudara gak bengkak. 

Breastpump ini juga katanya cocok-cocokan. Apa yang menurut ibu A nyaman, belum tentu enak dipakai ibu B. Nah untuk breastpump ini aku dapat lungsuran juga dari kakak perempuan ku, merk Avent manual natural comfort. Sekalian aku cobain dulu, nanti cocok gak aku pakai ini, mudah-mudaan aja cocok yaaa.

Untuk wadah penampung asip (asi perah) aku sudah beli yang model kantong sekali pakai merk Natur. Kemudian aku juga dapat (lagi, hehee) dari kakak ku berupa wadah botol asip. Lumayan jumlahnya ada 20 botol. 

Belum tahu nanti bakal benar-benar kepakai apa gak, karena niat utama ku adalah bisa direct breastfeeding dengan baby ku. Tapi segaknya aku sudah berjaga-jaga untuk punya barang esensial seperti ini.

Untuk media pemberian asip nya, aku prefer pakai soft cup feeder untuk mencegah terjadinya bingung puting.

Wadah asip botol

5. Mom's


Keperluan ku

Mom's needs alias keperluan ku. Hmmm gak banyak sih,, paling korset biar perut bisa singset abis lahiran heheheh, kemudian daster menyusui (ini aku baru beli dua, jadi ntar mau nambah lagi + bisa pakai daster yang udah ada di rumah sih), breastpad supaya gak nembus-nembus basah asinya ke baju hhe, pompa asi, dan juga kain gendongan. Awalnya aku mau beli geos (gendongan kaos) yang lagi "in" ituuu. Tapi pas lihat-lihat ke toko bayi, gak ada yang cocok sama aku. Dan akhirnya aku nemu kain gendongan ikat gitu di Bian's motifnya kucing, lucu banget jadi deh aku beli... Enaknya pakai gendongan kain gini juga bisa dipakai dari newborn sampai agak gedean, karena tinggal di-set aja kan ikatnya mau seberapa...

Kain gendongan ikat, lucu motifnya yaah

Breastpad

Daster menyusui


6. Traveling

Untuk keperluan traveling atau bepergian aku dapat lungsuran juga nih hehee enak banget yaak kalau punya kakak cewek :p
Aku dapet diapers bag, car seat masih ok punya, baby bouncher juga. Untuk stroller aku belum beli, karena niatnya mau beli ntar aja kalau udah mau berangkat merantau lagi ke Palembang ikut suami. Tapi, aku udah punya incaran stroller nih.. Aku naksir banget dari pandangan pertama sama stroller Cocolatte Quintas. Ada versi Quintas dan juga Quintas +. Harganya 3 jutaan kalau gak salah di birds and bees baby. Spec nya ok dan sesuai sama yang aku mau.
Image result for stroller cocolatte quintas & black
Stroller incaran ku, Quintas+, bagussss yaaaaah

7. Lain-lain


Keperluan lain-lain


Kebutuhan lain-lain ini seperti jemuran bundar, jepitan baju, ember, gayung mandi, kemudian juga ada lemari baju bayi, wadah toples untuk simpan kapas bulat, dll.

***

Nah kira-kira begitu rincian baby shopping list aku. Menurutku penting nih untuk membuat baby shopping list sendiri seperti ini agar gak kalap saat belanja. Karena siapa sih yang gak seneng lihat printilan bayi yang lucu-lucu ^^
Beberapa toko bayi biasanya sudah punya list perlengkapan bayi dan akan dikasih ke customer ketika datang berbelanja, atau ada juga yang menawarkan berupa paket hemat. Tapi sekali lagi, lebih baik sudah memiliki list sendiri, karena kadang paket atau list yang ditawarkan isinya gak sesuai dengan yang diprioritaskan untuk dibeli.

Semoga baby shopping list ini bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat untuk para calon moms yang akan belanja keperluan adek bayi :)

Baca Juga : Belanja Perlengkapan Bayi di ITC BSD dan Daerah Serpong

3 comments :