SOCIAL MEDIA

Saturday, February 3, 2024

Pengalaman Melahirkan Anak Ke-Dua (Eka Hospital BSD)


Alhamdulillah tanggal 6 Februari 2023 aku melahirkan bayi perempuan dalam keadaan sehat wal'afiat dengan proses persalinan normal spontan, dibantu oleh dr. Mery, Sp.OG di Eka Hospital BSD 🤗

 Bersama dr. Mery, Sp. OG :)

Sebelumnya, aku melahirkan anak pertama lima tahun lalu juga dibantu sama dr. Mery yang sangat baik, sabar, selalu siap sedia kapanpun terutama menjelang lahiran, dan yang terpenting selama proses melahirkan dari di IGD sampai kamar bersalin, bolak balik di cek kondisi. Merasa benar-benar diperhatikan banget! 🤗

Cerita melahirkan anak pertama (normal + induksi)  bisa dibaca klik di sini yaa 🤗

dr. Mery sama Abang (4m.o) dan Aluna (2d.o)

Ok, langsung ajaa yaa.. 

H-1 melahirkan (hari Minggu)
Hamil 38 minggu 2 hari.
Ntah feeling kuat banget, ngerasa sebentar lagi bakal melahirkan, jadi pancing induksi alami dan banyakin jalan biar bantu baby semakin turun. Saat makan siang, mulai kerasa nyeri kayak mau mens yang datang setiap beberapa menit sekali, tapi masih bisa santai dan tahan sakitnya.
Sore mulai muncul flek darah sedikit, sama persis kayak mau lahiran Abang dulu keluar flek juga.

Mulai WA dr. Mery, katanya masih aman aku di rumah dulu aja, ke RS kalau kontraksi sudah semakin kuat gak ketahan/ keluar cairan bening terus-menerus (ketuban pecah). Kebetulan rumah dekat dengan RS, jadi bisa tunggu di rumah.
Malam hari nya, makin kerasa kontraksi, irreguler dan masih bisa tahan jadi aku tinggal tidur aja buat siapin tenaga 😆💪

THE DAY ~ Hari melahirkan (Senin, 6 Februari 2023)
Sekitar jam 06.00 cek celana dalam ada flek darah lagi kali ini lebih banyak dari kemarin. Ok!! semakin yakin kalau memang sudah waktunya, jadi aku WA dr. Mery untuk kabarin kondisi, sambil aku siap-siap mandi, dll lalu berangkat ke RS.

Jam 08.00 sampai di IGD, cek CTG sama bidan Nova, bidan yang sama dengan dulu bantu aku lahiran Abang hehehe. Kok pas banget bisa ketemu lagi sama bidan Nova yaa 😆
Gak lama dr. Mery datang, cek bukaan sudah bukaan dua. Untuk kontraksinya sendiri, malah hilang gaess saat di IGD. Heheheh.

Karna belum kontraksi intens, jadi jam 10.00 aku masuk kamar rawat inap dulu (belum ke kamar bersalin).
Aku diperbolehkan bermain gym ball, jalan di sekitar koridor karena kondisi aku dan baby bagus, untuk membantu menambah bukaan.

Sampai jam 12 siang, aku masih belum kontraksi intens. Saat bukaan lima masih bisa selfie-selfie 😆😆
Sempat pasrah kalau akan diinduksi lagi, tapi pas dicek ternyata bukaan ku nambah. Kata dr. Mery tidak perlu diinduksi. Huhuhuu alhamdulillaah, sesuai dengan doa dan afirmasi yang kami harapkan.
 

main gymball saat bukaan lima :)

Sekitar jam 14.00-an bukaan enam, nah dari bukaan enam ke lengkap itu ternyata cepat banget. Jadi bisa dibayangkan sakitnya yang tadinya masih bisa haha hihi dan selfie, langsung kontraksi dahsyat 🥲😂

Ketuban pun pecah dengan sendirinya, kemudian rasa mulass itu semakin bertambah. Aku dibantu atur nafas jugaa supaya jalan lahir pun ikut rileks. 

Jam 14.52 bayi cantikku lahir dengan selamat, sehat walafiat alhamdulillah.
Saat proses melahirkan bayi kedua ini, aku melihat prosesnya dengan sadar, saat aku mengejan, melihat kepala baby mulai crowning, rambut hitamnya kelihatan sampai benar-benar lahir keluar 🥺
Subhanallah 🥺
Rasa sakit kontraksi hilang seketika, berganti kebahagiaan. 

foto pertama Adik :)
Baby langsung dicek oleh DSA (dokter spesialis anak) dan perawat anak, ya DSA juga ikut hadir di kamar bersalin saat proses persalinan berlangsung. Sementara itu, aku dijahit miss V ku yang robek oleh dr. Mery 😆

Setelah itu, aku pun diberi kesempatan IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Bahagia banget melihat dan mendekap bayi mungilku yang tlah lahir ke dunia. Saat IMD pun, adik bayi pintar banget langsung bergerak nyari susu. ASI ku pun sudah keluar. MasyaAllah 🥺

IMD :)

Tapi ternyata aku agak drop setelah melahirkan, aku mual dan muntah. Jadi IMD gak lama-lama, terpaksa pisah dulu adik bayi dibawa ke ruang observasi bayi, jadi aku bisa istirahat untuk memulihkan kondisi. Aku pun langsung tertidur pulass 😆

Jam 17.00 aku dipindahkan ke kamar rawat inap. Bahagia banget bertemu dengan keluargaku di sana. Jam 19.30 adik bayi datang untuk room-in dengan ku. Alhamdulillahh bahagia banget ❤️
Abang juga happy ketemu adiknya, dan abang pinter baik nurut mau ikut nginap di rumah kakek nenek dulu. Ini pertama kali abang pergi nginap tanpa mama papa nya. Karna kondisi ku dan adik bayi baik, maka dua hari di RS saja aku sudah boleh pulang 🤗

Catatan kondisiku saat hamil ke-dua, alhamdulillah tensi dan kenaikan berat badan normal, posisi dan presentasi janin di rahim bagus, saat usia janin 37 minggu sudah masuk ke panggul, tidak ada lilitan tali pusat, ketuban ok, panggulku juga besar. Aku ada miom sekitar 2 cm namun tidak perlu khawatir kata dr. Mery, bisa diabaikan saja dan tetap bisa lahiran normal.

Sebelum melahirkan aku masih nyetir antar jemput abang sekolah. Aku rutin jalan pagi mulai masuk usia 8 bulan kehamilan, ikut senam hamil di Kehamilan Sehat Serpong, dan juga gym ball exersice di rumah untuk bantu baby makin turun ke panggul..

Alhamdulillah atas pengalaman indah tak terlupa seumur hidup ini. Kesempatan melahirkan yang nyaman salah satunya berkat bantuan dari dokter obgyn ku, bidan perawat, dan lingkungan rumah sakit yang juga memerhatikan psikologis ibu melahirkan. Puas dengan pelayanan di Eka Hospital BSD selama dua kali melahirkan di sana.
Selain visit dr. Obgyn dan dr. Anak, juga ada visit dr. Laktasi, kemudian diajari cara memandikan bayi juga serta massage payudara supaya ASI gak menyumbat. Adik bayi juga sekalian tindik anting sebelum pulang.

bersama dr. Mery :)

bersama bidan Nova :)

Untuk biaya, melahirkan normal spontan kamar Standard Plus, menginap dua hari, totalnya 21 juta. Sudah termasuk biaya cek lab tambahan bayi seperti cek hormon tiroid dan cek pendengaran.

Sebelum melahirkan, kita bisa minta ke bagian admission untuk tanya biaya lahiran, nanti akan diberi print out oleh petugas, perkiraan biaya melahirkan normal maupun caesar.

Alhamdulillah sekian cerita pengalaman melahirkanku 😊
Semoga ibu hamil yang ikut membaca tulisan ini diberi kemudahan saat melahirkan nanti 🥰

Bonus foto adik bayi, newborn photoshoot di Eka Hospital BSD oleh Sweet Escape Baby 🥰

Aluna's first photoshoot :)

Sesi ini free dan dapat foto dicetaknya juga untuk kenang-kenangan dari pihak RS. Sepertinya mulai tahun 2023 photoshoot-nya sama Sweet Escape, karena teman ku yang melahirkan akhir 2022 masih foto biasa seperti jaman abang dulu.. 😊
Wah rezeki adik yaaa
❤️❤️❤️

No comments :

Post a Comment