SOCIAL MEDIA

Tuesday, October 27, 2020

Eksim Oh Eksim

Hari ini, 27 Oktober 2020 kembali lagi aku bertemu dokter Sp.KK, yes sepanjang hidup sering banget bolak balik dokter kulit karena aku punya masalah kulit yang suka kambuhan, yaitu Eksim! 
Kali ini aku periksa di RS Charitas Palembang dengan dokter Sp.KK yang sudah cukup senior sepertinya, so far cukup puas dengan penjelasannya. 

Dibelain banget saat pandemi (Covid-19) gini ke RS karena udah gak tahaan banget gatalnya kalau lagi kambuuh :(
Gatal dan kegaruk, tau lah ya jadi kayak gimana bentukannya. Udah ditahan-tahan dulu, coba kasih pelembap selama di rumah tapi akhirnya nyerah, emang udah saatnya deh ke dokter Sp.KK lagi.

Btw, eksim ku ini ada di lutut ya.
Tadinya yang kiri udah bersih, ilang, cuma tinggal di lutut kanan. Eh kumat, yang kanan tambah parah, kiri muncul lagiii 😂

Dan sama seperti diagnosa dokter-dokter sebelumnya, kalau yang aku alami ini Eksim atau Neurodermatitis. Pencetus paling besar untuk kambuh adalah STRESS!
Yup, stress-related skin disease.

Emang sih lagi ada pikiran aja, bukan hal terlalu penting sebenernya dan ga ada hubungannya sama Corona 😂
Karena sempet dibecandain sama dokter, mikirin Corona ya? Hahaha
Eh tapi bisa jadi sik, gegara Corona belum kelar-kelar jadi kurang liburan 🤣🤣

Penting banget ni untuk selanjutnya aku belajar pengelolaan stres dengan baik dan me-manage apa saja yang penting untuk dipikirkan atau tidak, because actually I'm an over-thinking person. Supaya gak berefek lagi ke kulit.

Jadi gampang banget ya aku tau indikator aku lagi stress apa gak, ya lihat aja dari Eksimnya kambuh apa gak 😂

Dokter pun meresepkan obat minum dan salep untukku. Ada obat anti radang dan anti histamin/ gatal, pelembap, dan salep racikan untuk memudarkan Eksimnya.

Krim dan Obat

Pelembapnya dioles dulu sebelum pakai salep racikan, dijeda 5 menit.
Trus saran lain sebaiknya mandi pakai sabun yang lembut seperti Dove atau dulu juga pernah disaranin pakai Cetaphil sama dokter di BSD.
Usahakan kuku pendek dan jangan garuk eksimnya karena bisa bikin semakin parah.

Pelembapnya baru pertama kali diresepin merk Xepagel. Dia hypoallergenic, no colorant, no fragrance, which is verryy good. Ada kandungan panthenol dan ceramide, mirip-mirip sama cream Sebamed Baby yak. Hihi. Xepagel ini claim bisa melembapkan 24 jam, bisa untuk infant/ baby juga. Teksturnya light dan sangat mudah diaplikasikan, cepat menyerap juga. Super love!

Xepagel

Total biaya obat+salep sekitar 450ribu, dokter Sp.KK 170ribu.

Oke dee, semoga bisa pudar tuntass eksimnya, pengin banget kaan punya lutut mulus huhu dan gak kambuh-kambuh lagi yaaa, aamiin 😇
Semangat, sehat sehat!

1 comment :

  1. Haduuuhhh masalah mu samaaa banget di aku sekarang... Mau ke dokter pandemi gini parno... Mau tanya dear... Xepagelnya mengurangi gatal kah? Dapet resep obatnya apa? Thanks infonya

    ReplyDelete