SOCIAL MEDIA

Sunday, March 11, 2018

Cerita Kehamilan Trimester 3

Biar afdol episode cerita kehamilannya tuntas, maka aku mau nulis juga apa yang aku alamin selama trimester 3. Ini nulis sambil nyolong-nyolong waktu pas Anbiya lagi bobok pules. Hihii.

32 weeks pregnancy :)

Sebelumnyaaa, baca juga :

  1. Setelah bimbang dan galau mau lahiran di mana, Palembang atau Tangsel? Akhirnya saat usia kandungan 28 minggu fix akhirnya balik ke Tangsel. Biar pas lahiran dekat sama orangtua, dan keluarga mas ghi kalau mau jenguk gak jauh-jauh banget. Awal nyampe di Tangsel masih belum tau mau pindah ke RS mana? Akhirnya mantep juga periksa kandungan di Eka Hospital BSD (karena paling deket sama rumah + fasilitas dan kualitasnya memang bagus) dan sampai lahiran pun di sana juga, dibantu sama dr. Mery Liong, Sp. OG. Dokternya baiiikkk bangeet, sabar, nanti aku ceritain juga di postingan selanjutnya yah tentang birth story Anbiya 😊
  2. Aku termasuk typical bumil yang baby bump nya kecil, kata dokter karena tumpukan lemak di bawah perutnya sedikit :p (tapi numpuk di paha, lengan, pipi, lol) . Trus tipe baby bump aku bulat menonjol ke depan (gak melebar ke samping), yang setiap ketemu orang pasti bilang, "wah anaknya laki nih". Hhi dan ternyata bener juga yah.
  3. Mulai usia kandungan 8 bulan, cek ke dokternya jadi dua minggu sekali, trus pas masuk 9 bulan jadi cek setiap minggu. Mulai 8 bulan ini perkembangan dedek pesat banget, termasuk BB nya. Dokter juga memantau kuantitas air ketuban, letak dan fungsi plasenta. Anbiya sempat ada lilitan tali pusat di leher waktu itu, tapi untungnya pas cek terakhir sebelum lahiran udah lepas lilitannya. Baca Juga : Check Up Terakhir Sebelum Lahiran
  4. Makin gede dedek di perut, makin suka sesek nafas kalau tidur. Telentang sebentar aja udah langsung sesek, jadi memang harus miring kanan/ kiri, trus posisi kaki lebih tinggi.
  5. Masuk trimester 3 ini juga aku ikutan kelas senam hamil. Seru banget deh dan ternyata bermanfaat banget buat aku. Aku pernah denger ada yang bilang kalau senam hamil itu gak guna, ntar pas hari H melahirkan teknik yang diajarin bakal bubar jalan, lupa semua. Tapi kalau menurut ku malah gak yaa. Malah ngefek banget praktekin relaksasi dan olah nafasnya pas di ruang bersalin. Bahkan suster-susternya pada tau kok mana bumil yang rajin senam sama gak. Trus jadi tau cara ngeden yang bener itu kayak gimana. Segaknya pas dokter/ bidannya instruksiin ini itu udah ada gambaran kayak gimana. Trus juga dengan ikut senam hamil jadi meningkatkan mood, happy aja gitu ikut kelas senam yang isinya bumil bumil yang pada semangat. Jadi tertular energi positifnya ☺️ aku ikut kelas senam hamil bahkan sampai usia kandungan 37 minggu hehe masih semangat bangeet! πŸ˜† Walau kelasnya seminggu sekali, tapi aku selalu ngulang praktekin di rumah setiap hari + gym ball (birth ball) exercise juga. Baca Juga : Senam Hamil di Eka Hospital BSD
  6. Bicara soal gym ball (birth ball) untuk ibu hamil, aku mulai main gym ball rutin saat usia kandungan 31 minggu karena posisi kepala dedek sudah mapan di bawah. Gym ball ini banyaak banget manfaatnya, memposisikan bayi dalam posisi optimal, membantu bayi segera masuk panggul, melatih otot panggul, paha dalam, perineum dan miss V, dll. Setiap hari aku main gym ball min. 30 menit, biasanya aku sambil buka youtube dan dengerin lagu-lagu favorit aku biar tambah semangaat. (Salah satunya OST. The Greatest Showman. Pas lagi hamil 8 bulan nonton film ini trus dedek seneng banget di perut gerak-gerak terus). Nah pas masuk 36 minggu, aku makin giat lagi main gym ball nya jadi pagi-sore karena aku punya cita-cita untuk lahiran di minggu 37-38 (supaya bayi ga terlalu besar, ketuban masih jernih, dan plasenta belum pengapuran). Dan ternyata terkabul! Aku melahirkan di usia kandungan 37 minggu 2 hari :))
  7. Hamil tua disuruh banyak-banyak jalan? Kalau aku suka mager rasanya mau jalan pagi keliling komplek atau muterin lapangan. Jalan kaki yang disarankan untuk bumil pun yang power walking ya, jadi jalan di mall sambil cuci mata gak keitung sebenernya. Aku jalan pagi itu kayaknya bisa dihitung jari deh, cuma setiap weekend nunggu mas ghi pulang biar bisa ditemenin 😝 jadi olahraga yang aku lakuin setiap hari itu ya senam hamil + gym ball. Sebenernya manfaatnya sama aja kok, banyak gerakan senam dan gym ball yang fungsinya untuk open hip dan bantu dedek bayi segera turun masuk jalan lahir. Yah apapun jenisnya, yang penting tetep harus olahraga yaaa! Baca Juga : Olahraga Gym Ball/ Birth Ball untuk Ibu Hamil
  8. Pas hamil 35 minggu, aku tiba-tiba ngalamin ambeien. Rasanya alamaak sakiiitt bangeettt kayak ditusuk-tusuk jarum, lagi tiduran aja bisa berdarah-darah. Googling tentang ambeien pada ibu hamil, kok ngeri banget cerita-ceritanyaaaa.. Ada orang yang berakhir caesar karena dokternya gak saranin lahiran normal karena khawatir pas ngejan malah pecah ambeiennya. Ada juga cerita yang harus operasi kecil dulu angkat ambeinnya pas lagi hamil. Zzzz. Daripada bikin panik karena baca cerita gak jelas dari internet, jadi aku periksa aja langsung ke dr. Mery. Sampai bener-bener dilihat loh ambeien ku kayak gimana. Ceritanya bisa dibaca di sini . Dan apa kata beliau? Gak usah khawatiiiiiirrrrr ambeien pada bumil tua mah wajar, beliau dulu juga gitu, karena bayi neken vena di daerah sekitar anus. Masih bisa bangeeet lahiran normal. Dan gak usah dipikirin, karena dulu ada pasiennya yang ambeien juga, pas hari lahiran, pasien tsb malah gak berani ngejen karena kepikiran khawatir sama ambeiennya. Padahal mah gak bakal kenapa-napaa. Alhamdulillah sebelom lahiran ambeien ku udah sembuh, udah gak berdarah-darah, bahkan lupa kalau punya ambeien. Dan abis lahiran yaa bener ilang dan kempes aja tuh tiba-tiba ambeiennya. 
  9. "Ujian" abis selesai ambeien adalah... keputihan. Fiiuuh. Dan keputihan pada ibu hamil itu gak boleh diabaikan lho, karena dapat mencetus kontraksi dan ketuban pecah dini. Jadi aku yaa dikasih obat keputihan yang harus dimasukan lewat miss V. Alhamdulillah 2 hari doang dah sembuh sih mungkin ya emang belum parah-parah banget.
  10. Masuk trimester 3 itu artinya juga udah ssaaahh boleh belanja kebutuhan baby, hhi.. seneng banget pas nyusun shopping list dan belanja ke baby store ☺️Baca Juga : Baby Shopping List

***

Begitulah 10 poin garis besar apa aja yang aku alamin saat di trimester 3. Sekarang kayak masih gak nyangka kalau udah melewati proses kehamilan dan melahirkan. Perjuangan sekarang udah beda lagi, ke tahap selanjutnya yaitu mengASIhi πŸ‘ΆπŸ»πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻
Semoga selalu diberikan kelancaran oleh Allah SWT. Aamiin πŸ˜‡

Cerita melahirkan Anbiya bisa dibaca di sini

No comments :

Post a Comment