SOCIAL MEDIA

Wednesday, May 10, 2017

Madu Manuka, Cara Alami Basmi Jerawat Dalam Waktu Singkat

Dari judulnya udah kayak iklan ya.. Hehee ini bukan sponsored post, mau cerita berdasarkan pengalaman pribadi selama kira-kira dua tahun mengenal madu manuka dan selalu dibuat takjub dengan khasiatnya. 

Sekilas Tentang Madu Manuka
Madu manuka berasal dari pohon/ bunga manuka yang hanya tumbuh di New Zealand. NZ sendiri mempunyai trade mark untuk madu manuka nya ini, yaitu UMF (Unit Manuka Factor). Biasanya akan dijumpai pada botol-botol madu manuka tertera tulisan UMF 5+, 10+, 15+, atau 20+ dst, yang menandakan semakin tinggi nilai UMF, maka aktifitas antibakterialnya pun semakin tinggi pula.

Sudah banyak riset yang membuktikan bahwa aktifitas antibakterial dari madu manuka jauh lebih tinggi daripada madu lainnya, oleh karena itu banyak yang mengkonsumsi madu manuka sebagai immune booster, pencegahan atau pun pengobatan terhadap penyakit. Bahkan banyak penelitian menyebutkan madu manuka adalah yang terbaik untuk treatment skin infection. And yes I already proved it!

Pertama pakai madu manuka untuk skin treatment justru di pasien sendiri (honey wound dressing). Karena madu memiliki kemampuan menyerap cairan yang sangat baik, sehingga membuat luka jadi cepat kering. Selain itu, kulit pun ternutrisi, proses penyembuhan lukanya jadi bagus.

Setelah beberapa kali takjub melihat hasilnya jika madu manuka digunakan sebagai skin treatment, aku pun mulai tergoda untuk coba pakai juga. Nyoba dipakai maskeran, enak banget halus kenyal cerah, dan setiap ada jerawat bermunculan, aku totolin deh ke jerawatnya. Dan ternyata untuk jerawat hasilnya sangat efektif! 

Jerawat gede di jidat hilang dalam sehari. Ini ga pakai filter, cuma beda ruangan & pencahayaan aja. Btw, itu emang aku punya banyak bekas jerawat berlubang karena sering dipencetin pas facial :(
Kata dokter ngilanginnya harus di laser 

Kalau ini jerawatnya langsung kempes dalam semalam doang, tinggal bekas merahnya aja hilang besokannya, tapi gak sempat foto lagi 


Liat deh gede-gede banget kan jerawat mas ghi (before). Malam aku totolin madu manuka, besok paginya langsung pada kempes! (After). Sampai benar-benar hilang sebekas-bekasnya sekitar 3 hari, tapi mas ghi gak mau difoto-fotoin lagi hha :)


Seneng banget, akhirnya nemu cara alami untuk menghilangkan jerawat dalam waktu singkat. Karena kondisi kulit aku dan mas ghi yang acne prone skin, jadi madu manuka ini benar-benar jadi penyelamat kami. Hehee.

Cara Pemakaian ?
Setelah wajah dibersihkan, madu manukanya tinggal dioleskan saja secara steril ke jerawat yang sedang meradang, biasanya aku menggunakan cotton bud. Kemudian tunggu sampai mengering, biasanya aku suka diemin aja 30-60 menit, pernah juga pakai semalaman. Kalau mas ghi gak betah pakai lama-lama, biasanya cuma 10-15 menit aja udah langsung dibilas. Gpp deh yang penting mau, hehee. Bilasnya pun cukup dengan air bersih, madu manuka gak meninggalkan kesan lengket pada wajah. Manuka ini juga bisa menghilangkan merah-merah bekas jerawat lho.

Cara pemakaian

Beli di Mana ?
Karena madu manuka ini produk impor dari NZ, makanya aku ga berani beli di sembarang tempat. Takut palsu. Sayang aja kan udah keluar uang banyak tapi dapat produk palsu atau oplosan.
Aku selalu beli madu manuka di Hillary Farm. Store nya ada di Mall Kelapa Gading, Plaza Indonesia, Puri Indah Mall dan Summarecon Mall Serpong. Biasanya Hillary Farm ini juga sering mengadakan exhibition di mall-mall besar dengan promo harga menarik.
Menurut ku lebih safe dan trusted aja kalau beli langsung di official store, daripada online shop. 
Oh ya selain di Hillary Farm, aku juga pernah lihat di AEON Supermarket juga jual madu manuka. Tentunya beda merk ya (aku lupa merknya apa), tapi sama-sama madu manuka dari NZ. Kalau di Guardian, Century, Boston, dan sejenisnya pernah aku tanya belum ada produk madu manuka yang dijual di sana.

Harga ?
Mengenai harga sangat bervariasi, beda merk bisa beda harga, beda UMF juga jelas beda harga. Semakin tinggi UMF akan semakin mahal. Di Hillary Farm Madu Manuka Rp 350.000,- , yang UMF 5+ Rp 470.000,- , UMF 15+ Rp 980.000,- . Satu botolnya isi 500 gram. Cukup pricey, but it's really worth every penny! Madu manuka dari Hillary Farm ini juga kalau aku survey sama manuka merk lain udah yang paling terjangkau harganya. Kalau untuk maintain kesehatan dan buat jerawat/ skin treatment sih cukup pakai yang manuka honey biasa atau UMF 5+ aja, gak perlu yang tinggi-tinggi. Kalau ada saudara atau teman yang ke Aussie atau NZ titip aja hehe karena harga di sana jauh lebih murah. Pernah nitip beli di Aussie, kalau sudah dirupiahkan, UMF 5+ yang isi 250 ml harganya Rp 130.000,- Murah bangeet kan?

Tips
Jika ingin memakai madu manuka juga untuk wajah, sebaiknya pisahkan di pot atau wadah kecil tersendiri. Aku biasa pakai wadah bekas krim dokter itu lho, sudah dicuci bersih tapi ya. Jadi kalau mau pakai untuk muka, misal ada jerawat, tinggal dicolek aja pakai cotton bud dan ditotolin ke jerawatnya. Jadi tetap steril yang di wadah aslinya untuk konsumsi. Selain itu, manfaat dipindahkan ke wadah kecil juga agar penggunaan tidak boros atau berlebihan. Soalnya banyak yang heran ke aku, 
"emang ga sayang madu manukanya buat dipakai di muka? Mendingan diminum!" 
Hihiii jadi dituang ke wadah kecil inilah solusinya! Gak akan cepat habis kok karena konsistensi manuka kental banget, cuma nyolek sedikit aja di cotton bud, saat dioles ke wajah spreadingnya bagus. Gak khawatir buang-buang manuka deh. :)

Kalau bisa total manfaatin khasiatnya luar dalem kenapa engga, ya kan?  Hehheee

No comments :

Post a Comment